6 Teknologi Canggih yang Banyak Digunakan di Pabrik

13/11/2022 - Posted in Bisnis by masarif - Permalink

Saat ini, sektor industri dan pabrik manufaktur sudah mulai berevolusi dengan memanfaatkan berbagai macam teknologi canggih untuk menggantikan tenaga kerja konvensional. Bahkan, sebagian besar pabrik berskala besar sudah menerapkan berbagai teknologi modern yang dapat bekerja secara otomatis, baik itu dengan sedikit ataupun tanpa bantuan tenaga manusia. 

Terlebih lagi, untuk memenuhi target produksi yang cukup tinggi, tentu otomatisasi dalam operasional pabrik menjadi kebutuhan yang penting karena mekanisme manufaktur konvensional saat ini dirasa sudah tidak lagi memadai.

Nah, berikut ini adalah beberapa macam teknologi canggih yang banyak digunakan di pabrik.

1. IoT (Internet of Things)

IoT merupakan teknologi canggih yang memungkinkan Anda mengumpulkan informasi secara relevan dan real-time serta menyelesaikan tugas-tugas penting melalui perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan laptop. 

Bagi banyak bisnis, teknologi IoT membantu operasi mereka berjalan dengan cara yang lebih efisien, baik itu untuk memenuhi tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Sementara di bidang manufaktur sendiri, teknologi IoT dapat membantu Anda mempermudah proses quality control, melacak rantai pasokan, memeriksa inventaris dan logistik, meningkatkan efisiensi produksi, mengelola fasilitas pabrik, dan banyak lagi.

2. Advanced Cleaning System

Teknologi pembersihan ini umumnya dipakai di pabrik-pabrik yang menghasilkan banyak limbah, dimana diperlukan sistem pembersihan kotoran yang advanced. Contohnya adalah water jet cleaning yang banyak digunakan untuk membersihkan saluran pipa gas, pipa cairan, tangki, dan berbagai area pabrik lainnya. Metode pembersihan ini umumnya menggunakan air bersih bertekanan tinggi yang sanggup melarutkan berbagai residu yang menempel keras.

3. Robot

Kehadiran robot telah memberikan manfaat yang luar biasa di sektor industri dan pabrik manufaktur, sehingga perannya sangat diandalkan. Secara keseluruhan, dibandingkan sumber daya konvensional, robot merupakan sumber daya yang lebih murah, lebih pintar, dan lebih efisien. Dengan kemajuan teknologi robotika, mesin ini dapat mengambil sifat-sifat kompleks yang dibutuhkan untuk menggantikan tenaga manusia, seperti menyimpan memori, meningkatkan akurasi, mengotomatisasi proses, serta mempercepat laju produksi tanpa kenal lelah.

Untuk penggunaan robot di dalam pabrik tidak bisa sembarangan. Pastikan Anda memilih kontraktor pabrik yang memang sudah berpengalaman dalam membangun pabrik

4. AI (Artificial Intelligence)

Teknologi AI sudah banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Salah satu contoh penerapan AI yang baru-baru ini sempat booming adalah mobil self-driving, yaitu teknologi canggih yang memungkinkan mobil untuk berjalan sendiri tanpa perlu dikendarai. 

Sementara itu dalam aplikasi pabrik manufaktur, alogaritma AI dapat digunakan untuk mengoptimalkan rantai pasokan, membuat mesin pintar, mengantisipasi perubahan pasar, dan menganalisis perilaku konsumen, sehingga memungkinkan bisnis Anda menciptakan produk-produk inovatif yang sesuai dengan keinginan pasar.

5. Big Data

Big data adalah sekumpulan data yang sangat besar yang tidak dapat diproses oleh perangkat lunak apa pun. Tidak semua pabrik membutuhkan big data, namun bagi beberapa pabrik berskala besar yang menggunakannya, teknologi ini mampu membantu mengumpulkan informasi berharga mengenai mesin produksi yang dapat dimanfaatkan untuk fase produksi, meningkatkan keseluruhan kinerja, memprediksi kegagalan mesin, mengurangi biaya, meningkatkan kualitas produk, membantu riset, dan banyak lagi.

6. Nanoteknologi

Nanoteknologi adalah robot yang beroperasi pada skala yang lebih kecil, di mana tugas utamanya adalah untuk menciptakan sesuatu, molekul demi molekul. Nanoteknologi banyak digunakan untuk mendesain perangkat dan elektronik berukuran kecil serta produk-produk lain yang dicetak seperti tekstil listrik, sensor gas, panel surya plastik, dan bahkan perangkat nanoID untuk membuat produk yang dibutuhkan oleh industri medis. Bisa dibilang, cakupan produk yang dapat dibuat oleh nanoteknologi tidak terbatas.

7. 3D Printing

3D printing berfungsi untuk membuat objek apa pun berdasarkan referensi gambar. Bentuk printer ini sudah banyak digunakan sejak tahun 2005, tetapi hingga saat ini eksistensinya terus mengalami peningkatan sehingga menjadikannya sebagai teknologi produksi yang sangat inovatif, cepat, dan gesit. Beberapa manfaat yang didadapatkan dengan menggunakan 3D printing di antaranya adalah mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mendesain produk, menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam proses produksi, mengurangi waktu tunggu secara signifikan, meminimalkan limbah, dan menghemat biaya.

Selama beberapa tahun belakangan, sektor industri dan pabrik manufaktur terus mengalami perubahan yang sangat drastis. Berkat ditemukannya berbagai teknologi canggih di atas, ini memungkinkan proses produksi yang lebih modern, efektif, efisien, aman, dan terjamin. Pastikan pembangunan pabrik Anda dipercayakan kepada kontraktor pabrik yang sudah berpengalaman dan bisa memberikan hasil sesuai spesifikasi pabrik yang Anda inginkan.