6 Usaha yang Semakin Melejit Ketika Pandemi Covid-19

13/11/2022 - Posted in Bisnis by masarif - Permalink

 Tidak sedikit usaha yang mengalami kebangkrutan dan terpaksa tutup akibat pandemi Covid-19, terutama usaha restauran dan retail. Namun di tengah-tengah kemunduran ekonomi ini, beberapa usaha lain justru kian melejit dan mengalami peningkatan yang sangat signifikan, sebut saja seperti bisnis marketplace, jasa impor China, delivery service, dan banyak lagi. 

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa usaha yang semakin melejit ketika pandemi Covid-19.

1. Marketplace

Bisnis marketplace melejit dengan sangat pesat sejak pandemi karena hampir semua orang mulai belanja dari rumah. Meski beberapa toko offline masih beroperasi, namun kebanyakan orang lebih memilih melakukan transaksi secara online agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19. Menurut laporan dari McKinsey & Company, industri marketplace telah mengalami pertumbuhan sekitar dua hingga lima kali lebih cepat dibandingkan sebelum pandemi. 

Fenomena ini ikut melahirkan ecommerce enabler, yaitu layanan satu pintu yang membantu online seller dalam mengelola stok, gudang, hingga delivery produk mereka di berbagai marketplace dalam satu dashboard.

2. Delivery Service

Selain karena takut, banyak orang yang juga tidak bisa keluar rumah karena adanya lockdown. Hal tersebut membuat usaha delivery service mengalami peningkatan. Beberapa jenis pengiriman yang paling populer saat pandemi adalah pengiriman online shopping dari e-commerce dan pengiriman makanan, karena sebagian besar tempat makan hanya menerima pesanan dine-out.

3. Produk Kesehatan dan Kebersihan

Semua orang berlomba-lomba untuk menjaga kesehatan dan kebersihan semaksimal mungkin agar tidak jatuh sakit. Hal ini membuat pelaku usaha yang menjual berbagai produk kesehatan dan kebersihan menjadi lebih laris dari pada sebelumnya. Bahkan, beberapa produk kesehatan seperti masker sekali pakai dan hand sanitizer sempat mengalami kelangkaan sehingga membuat harganya melambung tinggi di pasaran.

4. Digital Marketing

Mengingat tren bisnis mulai bertansformasi secara online sejak pandemi, jasa digital marketing pun semakin diminati. Para pelaku bisnis mencari berbagai cara agar dapat bertahan di tengah krisis sambil tetap terhubung dengan pelanggan mereka, untuk itu mereka membutuhkan bantuan dari jasa digital marketing untuk membuat strategi pemasaran digital terbaik.

5. Online Gaming

Karena orang-orang tidak bisa bepergian ke luar rumah untuk mencari hiburan, mereka menghabiskan banyak waktu untuk bermain game online, terutama generasi muda seperti milenial dan Gen Z. Game online dianggap sebagai media yang nyaman untuk dimainkan selama menghabiskan waktu di rumah, sambil tetap memungkinkan mereka untuk terhubung dengan teman atau kerabat yang memiliki hobi sama. Itulah sebabnya, pada akhir tahun 2020 silam usaha online gaming mendapatkan peningkatan yang cukup tinggi.

6. Jasa Impor China

Seiring tingginya pertumbuhan pasar online selama pandemi berlangsung, ada bisnis lain yang juga turut diuntungkan karena hal ini, yaitu jasa impor barang dari China. Hal ini masih berhubungan dengan trend jual beli menggunakan marketplace, karena produk yang paling banyak dijual di marketplace itu memang sebagian besar produk China, sehingga banyak orang berlomba-lomba mencari tahu cara import barang dari China untuk dijual kembali di Indonesia, baik import sendiri atau menggunakan jasa ekspedisi China ke Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri, pandemi telah membawa kekhawatiran yang begitu besar bagi semua orang yang ada di seluruh dunia. Di tengah-tengah penurunan ekonomi, kebangkrutan bagi banyak bisnis, dan PHK di mana-mana, hebatnya beberapa usaha justru semakin melejit dan menjadi booming berkat kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan baik dan memanfaatkan keadaan untuk meningkatkan peluang keuntungan.