7 Faktor Penting yang Harus Anda Pertimbangkan Saat Membangun Pabrik

Ketika Anda berencana untuk membangun sebuah pabrik, ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai. Faktor-faktor ini harus dipertimbangkan sedemikian rupa selama proses perencanaan berlangsung, sehingga nantinya pabrik Anda dapat memenuhi fungsi dan tujuannya. Nah, jika Anda memiliki rencana untuk membangun pabrik sendiri, pastikan Anda mempertimbangkan beberapa faktor penting berikut ini.

1. Layout Bangunan

Layout bangunan pabrik bisa bervariasi, dan biasanya ini dibuat berdasarkan kebutuhan pabrik Anda dan mesin apa saja yang akan Anda gunakan. Membangun pabrik kecil dengan pabrik yang luas dan besar seperti pabrik baja tentu layout dan spesifikasi banguannya beda, mulai dari luas, ketinggian, desain, tata letak, dan konsep bangunannya. Perlu diatur secara mendetail pada layout yang Anda buat untuk efisiensi maksimum operasional pabrik nantinya.

2. Fleksibilitas Karyawan

Pabrik adalah area sibuk yang memiliki lalu lintas tinggi, itu sebabnya Anda harus memikirikan fleksebilitas karyawan Anda. Karena selama jam kerja mereka harus terus bergerak, Anda perlu menyediakan mereka ruang yang cukup untuk berjalan atau berpindah. Dengan memastikan kenyamanan karyawan Anda, pada akhirnya ini akan membantu meningkatkan produktivitas mereka sehingga target produksi pun dapat terpenuhi.

3. Pencahayaan Gedung

Pencahayaan adalah faktor penting lainnya yang tidak boleh terlewatkan saat membangun pabrik. Pencahayaan yang baik dapat mendatangkan banyak manfaat untuk Anda, di antaranya adalah mengurangi kecelakaan, meningkatkan kualitas produksi, meningkatkan visibilitas dan mengurangi ketegangan mata karyawan, kerapian dan kebersihan lebih terjaga, serta pengawasan proses produksi jadi lebih mudah.

4. Sistem Pengolahan Limbah

Limbah yang dihasilkan oleh pabrik dapat mencemari lingkungan dan mengganggu kelangsungan mahkluk hidup di sekitarnya. Karenanya, dalam aturan undang-undang yang berlaku, setiap limbah pabrik harus melewati sistem pengolahan limbah terlebih dahulu sebelum dapat dibuang ke alam. Jika pabrik Anda tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk menyimpan dan mengolah limbah, hal ini dapat membuat Anda terkena sanksi pelanggaran serius.

5. Perlengkapan Keselamatan

Memfasilitasi karyawan Anda dengan perlengkapan keselamatan yang tepat dapat membantu meningkatkan produktivitas dan mencegah terjadinya kecelakaan di tempat kerja. Perlengkapan keselamatan yang Anda butuhkan bisa berbeda, tergantung sektor industri Anda. Namun umumnya, setiap pabrik paling tidak harus dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan dasar seperti kotak P3K, APAR, dan detektor kebakaran, serta didampingi dengan pelatihan simulasi evakuasi dan pertolongan pertama.

6. Sirkulasi Udara

Menyediakan sistem sirkulasi udara yang baik bertujuan untuk menggantikan udara di dalam ruangan pabrik agar terekspos dengan udara segar dari luar. Apabila pabrik Anda memiliki sirkulasi udara yang buruk, hal ini dapat membuat ruangan menjadi pengap, menimbulkan kelembaban berlebihan, dan meningkatkan suhu di dalamnya. Selain itu, menyediakan sirkulasi udara yang baik juga memastikan para karyawa Anda dapat bernapas dengan baik dan mencegah mereka dari depresi akibat kelelahan.

7. Nilai Estetika

Nilai estetika mungkin bukanlah faktor utama yang paling penting saat membangun pabrik. Tetapi mempertimbangkan kerapian, kebersihan, dan keindahan pabrik Anda bisa menjadi pertimbangan yang baik untuk kenyamanan karyawan, terlebih lagi karena mereka harus bekerja di dalamnya selama berjam-jam lamanya. 

Contoh paling mudah adalah area yang pertama kali kita lihat sangat mengunjungi pabrik, yaitu area depan mulai dari gerbang, pos satpam, hingga pelataran parkir kendaraan. Banyak pabrik yang asal jadi, tapi akan lebih estetik jika ditambah pepohonan dan taman yang cantik, area parkir yang dilapisi batu conblock yang rapih dan halus, pencahayaan hingga papan navigasi yang jelas.

Selain itu, pabrik yang dibangun dengan nilai estetika tinggi juga dapat membuat karyawan Anda merasa dihargai, yang pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan dan loyalitas mereka kepada Anda.

Ketika berencana untuk membangun sebuah pabrik, ada banyak faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan. Oleh karena itu, buatlah proses perencanaan yang matang dan mendetail agar nantinya pabrik Anda dapat beroperasi secara efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan produksi Anda.