Mengenal AMP Google, Manfaat Penerapan AMP pada Sebuah Blog

20/12/2021 - Posted in Blog by masarif - Permalink

Ketika membangun sebuah blog baik menggunakan platform seperti blogger, wordpress, ataupun platform CMS lain HTMLy misalnya (yang sedang saya gunakan).

Kita sebagai pemilik blog haruslah bisa menyajikan konten dengan cara terbaik kepada pembaca.

Terbaik disini tentunya bukan hanya sebuah isi konten saja (karena akan banyak juga blog pesain akan memberikan informasi terbaik mereka demi meranking no.1 di google).

Ada satu faktor cukup penting selain konten yaitu user experience atau kalau bahasa indonesia pengalaman penguna dalam hal ini pengunjung blog kita.

Jadi yang dimaksud disini adalah kenyamanan pengunjung dalam mengakses blog kita, membaca satu artikel dan bernavigasi dari satu artikel ke artikel lainnya.

Untuk sebuah blog sebenarnya kita tidak perlu tampilan yang wah, karena memang tujuan para pembaca blog datang dari mesin pencari hanya untuk mendapatkan informasi dari permasalahan mereka.

Jadi intinya tampilan sebuah blog tersebut yang penting tidak membuat pengunjung kesulitan dalam membaca dan mendapatkan informasi.

Secara tampilan saya rasa sudah hampir semua tema blog memenuhi aspek ini.

Namun ada satu aspek yang cukup penting dan bisa kita optimalkan dengan yang namanya AMP.

Yaitu masalah user experience terutama masalah kecepatan akses baik baik untuk desktop dan utamanya mobile.

Disini saya akan membahas apa sih AMP buat teman-teman blogger yang mungkin belum tahu, kelebihannya dan juga alasan kenapa blog jaman sekarang menurut saya wajib AMP.

Apa itu AMP?

AMP (Accelerate Mobile Pages) bisa dikatakan seperti halnya framework dalam membangun sebuah website dimana setiap penulisan kode mempunyai aturan tersendiri, dan kita bisa memanfaatkan komponen yang disediakan sehingga bisa membangun sebuah website dengan cepat.

Bisa dikatakan mirip dengan framework seperti boostrap yang bisa membantu membangun sebuah web.

Namun di AMP ada aturan tersendiri yang cukup ketat seperti penulisan tag image, penulisan tag iframe, css, javascript (tidak boleh menuliskan javascript hanya bisa menggunakan yang disediakan).

Jadi intinya kita harus mengikutinya agar halaman kita tetap valid AMP dan bisa mendapatkan benefit dari AMP.

Lalu apa sih benefit dengan membangun sebuah blog yang valid atau sesuai aturan AMP.

Keunggulan AMP untuk Sebuah Blog

Loading Blog Jadi Cepat

Kecepatan akses suatu situs atau blog masih menjadi poin penting dalam penilaian google untuk meranking pencarian mereka.

Google ingin penggunannya mendapatkan pengalaman yang baik dalam berselancar. Semakin cepat suatu situs di load maka semakin cepat informasi yang dibutuhkan didapatkan.

Ini berpengaruh terhadap user experience pengunjung. Semakin user nyaman karena tidak menunggu lama proses load maka google akan memprioritaskan itu dalam ranking yang lebih baik.

Masalah kecepatan loading menjadi faktor ranking google ini sudah official di tuliskan dalam berbagai artikel mereka dan juga didukung banyak algoritma terbaru yang mendorong pemilik situs melakukan optimasi dalam hal kecepatan akses.

Terutama untuk mobile, dimana kita tahu sekarang ini banyak pengguna internet mengakses internet melalui mobile.

Untuk mempercepat loading blog baik desktop dan utamanya mobile (yang menjadi penyumpang pengguna internet terbesar saat ini) ada banyak cara, cara paling simpel dan pasti selesai semua permasalahan loading lambat adalah dengan beralih membuat blog/situs kita valid AMP.

AMP ini memang dibuat dan dirancang untuk kecepatan. Tag yang mereka digunakan dibuat sederhana dan dirancang khusus untuk membantu menghindari kesalaman coding yang membuat halaman lambat dibuat.

Selain itu jika blog anda sudah valid AMP maka juga di dukung oleh Google AMP Cache, benefit yang anda dapatkan adalah blog/halaman artikel anda akan bisa ditayangkang secara instan ketika diakses melalui pencarian google (mobile).

Berikut contoh hasilnya: Untuk blog/situs AMP ada bertanda ikon petir AMP khusus.

Ini sebagai tanda ke user bahwa situs tersebut AMP dan bisa di load secara cepat dan instan.

Untuk pengunjung non mobile ataupun yang langsung datang ke blog anda secara kecepatanpun masih tetap akan cepat.

So bisa dikatakan AMP ini sebagai obat cespleng untuk masalah loading blog yang lemot.

Dengan membuat blog valid AMP kita sudah bisa mengatakan 1 faktor ranking (kecepatan load) sudah lulus dan mendapatkan nilai A.

Mendapatkan Ranking Lebih Baik

Bicara tentang sistem ranking pencarian google maka akan banyak faktor yang mempengaruhi dan menjadi perhitungannya.

Ada banyak hal dan mungkin hanya google sendiri yang tahu persisnya.

Bicara tentang AMP banyak yang mengatakan ini menjadi salah satu faktor penilaian peringkat pencarian google, namun google sendiri membantahnya (untuk saat ini).

Ya saya rasa berita ini cukup wajar karena AMP sendiri project yang dibuat oleh Google untuk mempermudah pemilih situs merancang sebuah website yang cepat diakses terutama untuk mobile.

Tapi menurut saya ini tidaklah seratus persen benar ataupun salah.

AMP menjadi faktor ranking google, bisa jadi iya untuk saat ini tapi tidak secara langsung.

Maksudnya disini dengan membuat sebuah blog AMP, sudah bisa dipastikan blog kita cepat diakses dan nyaman secara user experience baik ketika dikunjungi secara mobile maupun desktop.

Disinilah kuncinya kecepatan dan user experience adalah salah satu faktor peringkat juga (so AMP juga menjadi jalan menuju sana bukan?).

Selain itu kedepan juga algoritma terus berkembang bukan tidak mungkin AMP ini dimasukkan menjad ranking faktor google, karena memang project yang mereka buat sendiri bukan dan benefitnya cukup terasa.

Jadi tidak ada salahnya menjadikan blog AMP untuk selangkah terdepan.

Mendapatkan Visibilitas yang Baik di Pencarian Google

AMP bisa dikatakan project google, disini google juga memberikan sebuah keuntungan (secara tidak langsung) kepada pemilik situs yang menerapkan AMP pada website mereka.

Jika blog anda valid AMP maka dalam hasil google search mobile akan muncul icon petir (logo AMP) sebagai tanda ke pengunjung bahwa situs/blog tersebut AMP dan bisa diakses dengan cepat.

Disinilah pointnya, pengguna google tentunya makin lama makin tahu dan teredukasi bahwa hasil pencarian di google dengan icon petir (logo AMP) dapat diakses dengan cepat dan membuatnya cepat juga mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Kedepan ini akan membentuk kecendurngan pengunjung membuka situs/blog yang muncul di pencarian dengan icon AMP.

Karena mereka tahu bahwa situs tersebut akan cepat di load mesti dalam koneksi internet yang lambat sekalipun.

Menghemat Resource Web Hosting Blog

Dengan menggunakan AMP pada blog kita bisa menghemat resource seperti CPU, RAM dan Bandwidth bulanan blog kita.

Ini sangat cocok untuk anda yang membangun sebuah blog dengan hosting sendiri dan menggunakan web hosting dengan spesifikasi rendah.

Hemat resource ini bisa terwujud karena adanya AMP Cache.

AMP Cache ini halaman web/blog yang valid AMP akan disimpan kontennya dalam CDN AMP dan akan ditayang dengan cepat jika pengunjung datang dari pencarian google.

Mungkin anda bisa memperhatikan jika kita mengunjung sebuah blog atau situs valid AMP melalui pencarian google secara mobile selain loading cepat anda akan mendapati url halaman tersebut berubah, menjadi seperti ini : https://foo-com.cdn.ampproject.org/c/s/foo.com/amp_document.html

Ini artinya permintaan halaman tersebut dimuat secara AMP Cache.

Mengingat sekarang ini lebih banyak orang mengakses internet melalui smartphone (mobile) dan merekapun kebanyakan datang dari mesin pencari google maka fitur AMP Cache ini akan terasa sangat bermanfaat bagi pemilik situs untuk hal kecepatan load, cdn dan penghematan resource host.

Selain dari fitur AMP cache yang bisa menghemat resource hosting kita, AMP juga mewajibkan kita menggunakan js yang disediakan oleh mereka saja ini tentunya bisa meminimalkan permintaan request ke server untuk file js dan css (karena css juga wajib di-inlinekan).

Update: AMP sekarang ini tidak hanya support AMP Cache untuk hasil pencarian mobile search engine dari Google saja tetapi juga dari Bing.

Dimana Google dan Bing bisa dikatakan 2 search engine terbesar saat ini. Semakin terasa benefit AMP cache ini dengan update ini tentunya.

Kesimpulan

AMP bisa dikatakan sebagai jalan terbaik untuk mencapai sebuah blog dengan user experience kecepatan loading baik ketika diakses desktop dan mobile berkat teknologi yang diberikannya.

Selain itu benefit dari kenyamanan pengunjung ada benefit lain seperti masalah penghematan sumber daya hosting yang bisa jadi point plus jika anda membangun sebuah blog dengan web host spesifikasi rendah.

Jika ada hal menarik lainnya menurut anda tentang AMP dan Blog bisa kita diskusikan di kolom komentar.