Berbagai Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

23/11/2022 - Posted in Blog by masarif - Permalink

Journal - Mempunyai sebuah blog atau menjadi seorang blogger mempunyai banyak manfaat yang mungkin belum banyak orang awam ketahui.

Blog sendiri bisa dikatakan sebagai sebuah website sederhana dengan fungsi yang sederhana pula hanya sekedar membagikan postingan atau artikel yang kita tulis.

Jadi konten utama pengisi sebuah blog adalah artikel. Artikel disini anda sharing hal apapun asalkan bermanfaat bagi orang banyak pasti orang lain akan datang mengunjungi untuk membacanya.

Pengunjung blog sendiri bisa datang dari sosial media (kita pemilik blog melukakan promosi dengan share link artikel ke sosial media) ataupun yang utama dari mesin pencari (search engine) seperti google.

Orang mencari di google biasanya membutuhkan informasi, tutorial ataupun sedang mencari solusi bagi permasalahan yang sedang dialaminya.

Jadi sejatinya memang blog yang baik berisi tulisan yang bermanfaat, informasional, dan menyelesaikan permasalahannya yang sedang dicari pengunjung.

Kalau dari saya biasa mengisi konten tentunya yang saya ketahui, ilmu atau informasi yang setidaknya saya tahu dan bisa share, tentunya harus orisinil bukan hasil copy paste.

Kenapa gak boleh copas mas? Jawabnya ada di google, google sendiri tidak akan memberi artikel anda ranking dipencarian mereka jika konten / artikel yang ada tulis sama atau sudah ada sebelumnya (copas).

Kalau gak meranking di pencarian google maka akan sulit juga rasanya mendatangkan traffic pengunjung yang penting nantinya untuk kita bisa menghasilkan uang melalui blog.

Itu sedikit intermezo saja seputar blog untuk anda yang mungkin baru pertama mengenal. Intinya untuk bisa menghasilkan uang melalui sebuah blog kita butuh traffic atau pengunjung blog yang banyak.

Kalau blog kita sudah mempunyai cukup atau banyak pengunjung maka mencari uang atau menghasilkan uang melalui blog adalah hal yang mudah.

Langsung saja kita masuk ke pembahasan utamanya, berbagai cara untuk menghasilkan uang melalui sebuah blog.

Google Adsense

Google Adsense bisa dikatakan jaringan periklanan terbaik dan cara terbaik untuk saat ini untuk kita bisa menghasilkan uang melalui blog.

Berbeda dengan adsense untuk YouTube channel dimana ada persyaratan untuk channel yang kita miliki harus 1000 subscribe dan mencapai 4000 jam tayang.

Untuk blog anda agar bisa menjadi publisher iklan di Google Adsense tidak ada persyaratan khusus tertulis seperti itu. 

Anda bisa mendaftar blog anda yang tergolong baru, minim pengunjung dan minim artikel sekalipun asalkan memenuhi syarat dan tidak melanggar ketentuan adsense besar kemungkinannya diterima.

Saya sendiri mempunyai pengalaman blog baru saya yang masih hitungan Minggu dengan 6 artikel saja sudah diterima google adsense, mungkin kebetulan atau apa sayapun tidak tahu.

Tapi poinnya disini untuk bisa diterima google adsense lebih baik memang blog anda sudah siap mempunyai konten yang berkualitas dan secara jumlahpun cukup untuk mendatangkan pengunjung.

Karena kalaupun blog anda diterima tapi pengunjung masih sepi maka sama saja tidak akan menghasilkan banyak penghasilan. Anda mungkin hanya melihat dasbor penghasilan anda sekian rupiah saja.

Google Adsense di blog sendiri sistem iklannya ada 2 PPC dan PPM.

PPC (PAY PER CLICK) yang dapat diartikan anda akan mendapatkan penghasilan setiap iklan yang tayang diblog anda mendapatkan klik dari pengunjung, jadi iklan diblog anda ada yang klik anda mendapatkan penghasilan.

Besaran penghasilan sendiri tergantung dari jenis dan iklan yang tayang. Iklan yang tayang sendiri juga tergantung dari konten yang ada saat itu dan menyesuaikan juga dengan karakteristik pengunjung.

Yang kedua adalah PPM (PAY PER MILLION) yang dapat diartikan anda juga dibayar per seribu kali iklan tayang di blog anda walaupun tidak ada yang klik iklan sekalipun. Besaran bayarannya juga tergantung dari pengunjung blog anda apakah dari Indonesia, luar negeri, dan iklan yang muncul juga. Setiap iklan mempunyai rate PPC dan PPM yang berbeda-beda.

Tapi anda tidak perlu memikirkan itu, intinya kalau traffic pengunjung blog anda rame secara otomatis juga penghasilan blog anda di adsense akan tinggi juga.

Anda tidak boleh juga mengklik iklan blog anda sendiri karena akan berisiko besar melakukan pelanggaran kebijakan dan berakibat akun dan blog anda dibanned dari google Adsense.

Selain google Adsense banyak juga alternatif jaringan periklanan yang bisa anda ikuti dan daftarkan blog anda, baik yang sistemnya PPC, PPM, dll.

Menjual Space Iklan Mandiri

Selain ikut jaringan periklanan seperti google Adsense dan sejenisnya anda juga bisa menjual Slot atau space iklan di blog anda secara mandiri.

Misal pada sidebar blog anda buatkan space kosong untuk para pengiklan memang iklan mereka dengan biaya perbulan sekian rupiah.

Untuk penentuan harga kembali lagi ke seberapa besar pengunjung blog anda, jika banyak maka bisa anda jual space iklan dengan harga tinggi.

Dengan sistem ini anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih pasti dan mungkin lebih besar dari pada space tersebut anda isi iklan google Adsense.

Karena yang namanya iklan adsense sangat tidak bisa diprediksi penghasilan fluktuatif, pastikan juga Anda memang bayaran yang lebih besar dibandingkan penghasilan jika space tersebut dipasang adsense.

Konten Placement 

Jika kita mempunyai sebuah blog ibarat kita juga sudah mempunyai sebuah media digital yang bisa mempengaruhi banyak orang, terutama untuk blog yang ramai pengunjung.

Ini menarik pihak pengiklan salah satunya dalam bentuk konten placement.

Jika saya umpamakan konten placement ini seperti anda selebgram yang menerima endors dalam bentuk postingan di akun Instagram.

Jadi konten placement ini kita akan menuliskan artikel sesuai permintaan klien yang tujuannya untuk promosi dan mendatangkan pengunjung ke situs klien pemasang iklan.

Saya sendiri termasuk yang memanfaatkan blog ini untuk menghasilkan uang melalui konten placement karena secara penghasilan lumayan juga bahkan bisa lebih dari penghasilan iklan google Adsense yang saya pasang.

Tapi perlu dicatat bahwa anda juga harus mempunyai blog yang bertraffic dan sudah menggunakan custom domain seperti .com .net .id ,dll. Karena pemasang konten placement tentunya tidak akan mau membayar untuk konten placement disebuah blog yang masih subdomain .blogspot.com atau .wordpress.com

Menjual Backlink Sistem Blogroll

Selain space iklan mandiri yang bisa anda buat dan konten placement untuk pengiklan dalam bentuk artikel ada juga yang bisa anda jual dan manfaat dari blog anda untuk bisa menghasilkan uang yaitu melalui jualan backlink di blog anda atau biasa disebut backlink blogroll.

Backlink sendiri adalah dimana suatu situs memberikan link ke situs lain, tujuannya anda untuk membantu meranking di pencarian google.

Backlink sendiri masih menjadi poin penilaian atau salah satu faktor yang mempengaruhi ranking suatu situs dipencarian google.

Jadi anda bisa menjual misal ada pemilik situs lain ingin mendapat backlink di blog anda, anda bisa jual dengan sistem blogroll jadi kita akan memberi backlink disidebar blog dengan biaya tarif bisa bulanan atau tahunan (terserah anda).

 Saya sendiri menyarankan untuk tidak terlalu banyak memasang slot blogroll maksimal 5 link saja untuk menjaga reputasi blog anda dimata google agar tidak dianggap sebagai situs spam.

Perhatikan juga situs yang ingin memang backlink di blogroll pastikan bukan situs yang dilarang google seperti judi, situs lendir atau situs yang melanggar hukum.

Selama blog anda ramai maka calon blogroll juga akan ramai, jika blog anda ramai biasanya juga akan selaras memiliki Domain authority dan domain ratting yang baik. Dua indikator ini biasanya jadi pertimbangan untuk pengiklan memasang slot backlink di blog kita.

Menjual Produk yang Relevan dengan Isi Konten Blog

Jika Anda berpikir bahwa tempat berjualan produk terbaik di sosial media seperti Instagram, Facebook atau Tiktok maka anda salah.

Tempat berjualan produk terbaik menurut saya adalah melalui blog.

Tapi perlu dicatat dengan syarat dan ketentuan yang harus terlaksana.

Sebagai contoh misal anda seorang yang hobi dan ahli dalam merawat tanaman anggur, anda membuat sebuah blog yang berisikan tutorial menanam anggur lengkap mulai dari media tanam, pupuk, perawatan, bagaimana cara memilih bibit, bagaimana cara membuahkan, dll selengkap mungkin.

Dan artikel yang anda tulis berkualitas baik sehingga meranking di google, banyak orang yang tertarik untuk tanam anggur dirumah membacanya. 

Maka sumber traffic ini bisa jadi sumber penghasilan anda jika anda misalnya berjualan bibit anggur, media tanam, pupuk anggur, dll yang berkaitan dengan budidaya anggur maka pengunjung akan lebih percaya kepada anda.

Pengunjung pasti berpikir ini bibit yang dijual pasti bagus wajar kalau dijual mahal. Andapun tidak perlu bersaing harga murah tapi tetap mendapatkan pembeli.

Berbeda jika anda menjual dimarketplace seperti shoope atau Tokopedia pasti kalau ada yang beli pilih yang murah ratting tinggi, kita-kita yang baru mulai akan kesulitan melawan toko lama yang sudah mempunyai banyak ratting. Kalau mau pasang harga mahalpun semakin tidak laku.

Kalau melalui sosial media Anda mungkin akan perlu banyak uang untuk mendatangkan traffic melalui ads.

Tidak hanya barang fisik yang bisa anda jual, barang digital seperti e-book yang mungkin anda tulis berisi tutorial khusus yang anda kuasai dan sesuai topik pembahasan blog anda bisa anda jual juga.

Dengan blog anda bisa sharing sekaligus selling dengan baik asalkan produk dan konten Anda relevan.

Menjadi Afiliator

Afiator adalah orang yang mengikuti program afiliasi. Afiliasi sendiri kita membantu menjualkan produk/jasa seseorang dan jika kita berhasil memperoleh pembeli melalui link kita akan mendapatkan komisi sekian persen dari harga produk/jasa tersebut.

Jadi Afiliator bukan hal negatif ya, kalau kata kita mah mirip-mirip makelar versi digital.

Nah disini kita bisa memanfaatkan blog yang kita miliki untuk bisa menghasilkan uang melalui program afiliasi.

Kita ambil contoh saja program afiliasi seperti dari shoope. Saya kasih contoh di blog kita bisa membuat konten misal 7 rekomendasi kamera DSLR dibawah 5 jutaan. 

Anda tulis artikel tersebut sebalik mungkin, anda berikan pendapat anda mulai dari kekurangan sampai kelebihan.

Disini anda bisa bermain dengan menyisipkan link afiliasi jualan anda, link afiliasi untuk kamera tersebut jadi semisal orang yang lihat review tersebut tertarik dengan kamera a yang anda bahas bisa langsung checkout barangnya di shoope melalui link afiliasi anda.

Andapun mendapat pendapat sekian persen sesuai denga keterangan yang ada di dasbor shoope afiliasi anda.

Cara ini sudah diterapkan lama oleh para blogger kawakan dan sukses, kalau dulu mungkin mereka bermainnya di blog luar negeri dengan afiliasi di Amazon, bayaran jelas lebih tinggi karena rate-nya dolar.

Namun dulu mungkin minat belanja online di Indonesia belum setinggi sekarang dan program afiliasi masih sedikit yang dari marketplace baru ada lazada.

Sekarang hampir semua marketplace indonesia membuka program afiliasi ini bisa anda manfaatkan untuk menambah pundi-pundi uang melalui blog anda.

Tidak hanya barang fisik yang bisa anda afiliasikan, misalnya saja hosting dan domain juga bisa dan berbagai produk digital lainnya. Tinggal pintar-pintar anda mencari program afiliasi apa yang cocok dan produk apa yang cocok untuk anda afiliasikan dengan konten blog anda.

Menjual Jasa yang Kita Kuasai

Melalui blog anda bisa sharing sesuatu hal yang memang anda kuasai dan anda expert dibidang tersebut.

Artikel yang berkualitas (tidak asal copas, pembahasannyabdalam) inilah yang akan membawa pengunjung dari google, karena google juga akan menilai artikel kita dan menempatkan sesuai kualitasnya di hasil pencarian google.

Jika dirasa oleh pembaca anda seorang yang ahli karena artikel tutorial atau pembahasan diblog anda, anda secara tidak langsung mendapat kepercayaan dari pembaca blog anda.

Jika pengunjung atau pembaca membutuhkan jasa anda bisa langsung ada rasa percaya kepada skill dan kemampuan anda miliki karena tadi sudah sudah dengan tutorial atau informasi yang anda tuliskan.

Jadi kalau anda mau jualan jasa yang anda kuasai dan masih sesuai topik utama blog anda saya rasa tidak akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan.

Tinggal anda atur mulai dari harga, bagaimana sistem kerjanya, dll.

Menjual Kelas Pembelajaran Khusus

Dalam sebuah blog sangat bisa untuk menerapkan konsep sharing plus selling apapun itu baik produk, jasa ataupun kelas berbayar.

Dalam hal ini anda tentunya harus expert suatu bidang dan berbagi ilmu di blog anda.

Misal anda seorang yang jago coding, pintar bahasa pemrograman tertentu. Anda bisa memberikan tutorialnya diblog dan membuat kelas berbayar bagi yang minat untuk belajar khusus diberikan waktu dan pendampingan misal secara online melalui aplikasi seperti google meet atau zoom.

Anda misal pintar dalam Facebook ads bisa sharing diblog sekaligus jualan kelas khusus belajar Facebook ads pemula sampai mahir.

Atau anda seorang blogger yang mungkin bisa dikatakan sukses dalam monetize blog melalui google Adsense, anda bisa sharing sedikit kisah sukses lalu menjual kelas berbayar.

Hal ini sudah banyak dilakukan oleh banyak para blogger dan internet marketing di luar sana.

Karena disini intinya kita memanfaatkan traffic yang relevan dan berharga ini untuk bisa menghasilkan pundi-pundi uang melalui blog.

Kita masuk ke tahap kesimpulan, bahwa mencari uang di internet ini bisa dikatakan mudah asalkan anda bisa mendatangkan traffic. 

Anda mau monetize dengan cara apapun bisa asal punya traffic yang baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Untuk bisa itu semua kita perlu konten alias artikel blog sebanyak mungkin dan sebaik mungkin dibandingkan blog kompetitor.

Memang mungkin diawal akan berat untuk pemula karena ya masih belajar juga. Intinya tetap konsisten dan terus belajar ilmu baru tenang blog dan SEO. Semoga bermanfaat.