Cara Mengatasi Local Disk C Penuh

Localdisk C yang penuh, permasalahan klasik ini cukup banyak dialami oleh pengguna komputer maupun laptop windows terutama untuk para pengguna komputer atau laptop dengan spesifikasi minimalis (rendah) ataupun komputer/laptop lama (jadul) yang mana sudah cukup banyak file yang tersimpan didalammnya.

Komputer/laptop budget tentunya membuatnya memiliki spesifikasi yang rendah banyak yang kurangi seperti kapasitas penyimpanan yang kecil (HDD/SSD).

Sedangkan untuk komputer/laptop lama selain sudah penuh dengan file-file kita sedari dulu yang kita simpan juga secara spesifikasi tertinggal, karena dulu mungkin HDD 120 GB masih terbilang ok pada jamannya intel pentium 4, kalau sekarang jelas tidak cukup dan sangat kurang.

Tentang Local Disk

Local disk sendiri adalah penamaan partisi hard drive pada sistem operasi Windows.

Kenapa sih hard drive harus di partisi?

Jawabannya untuk memisahkan bagian (partisi) dalam hard drive menjadi beberapa bagian, yang perlu tentunya Local Disk C untuk drive penyimpanan sistem operasi dan program aplikasi yang terinstall. Partisi sisanya anda bisa membuat partisi sesuai kebutuhan anda.

Tujuan pemisahan partisi sistem (local disk c) dengan yang lain (local disk d,e,f,dst) agar file dokumen, foto, video, data penting lainnya yang kita miliki tidak hilang atau terjadi masalah ketika sistem operasi windows kita error atau gagal booting.

Jadi ibarat rumah kita dan rumah lainnya diberi sekat agar kalau kebarakan gak ikut semua. Jadi kalau local disk c kita bermasalah file kita lainnya tetap aman.

Masalah yang Timbul dari Local Disk C yang Penuh

Berbeda dengan local disk lain misal local disk d,e,f, dst yang tidak menjadi masalah ketika penuh karena hanya kita gunakan untuk penyimpanan data dan file pribadi kita.

Local disk c ini karena untuk sistem maka akan terjadi permasalahan, seperti:

  1. Sering lemot atau not responding yang begitu lama dan sering terjadi.
  2. Tidak bisa menambahkan program aplikasi baru.
  3. Tidak bisa melakukan update sistem operasi ataupun update software.

Penyebab Local Disk C Windows Cepat Penuh

Ada beberapa faktor atau penyebab kenapa local disk c laptop atau komputer kita cepat penuh:

  1. Kapasitas hard drive (hardisk/ssd) komputer atau laptop kita kecil.
  2. Pembagian partisi penyimpanan Local Disk C (system) kurang besar.
    Untuk membagi partisi hard drive kita antara local disk c (system) dan local disk lainnya haruslah tepat, local disk c tentunya perlu mendapatkan kapasitas yang lebih agar tidak menjadi masalah kedepannya.
  3. Penuh karena file-file sampah dari sistem operasi.
    File-file sampah ataupun sisa update dar sistem operasi windows akan memenuhi penyimpanan local disk c komputer kita jika tidak rutin dibersihkan.

Lalu bagaimana solusi ketika komputer atau laptop anda sudah mengalami local disk c yang penuh? berikut pembahasanya.

Cara Mengatasi Local Disk C yang Penuh

Membersihkan File Temporary dan Junk File Windows secara Berkala

Walaupun anda tidak menambah file atau program aplikasi anda dalam jangka waktu tertentu, penyimpanan local disk c anda tetap akan bisa penuh dengan sendirinya seiring waktu pemakaian komputer anda.

Hal ini dikarekan file temporary (sementara) yang di buat windows atau program aplikasi lainnya yang anda gunakan, dan file temporary ini tidak terhapus dengan sendirinya dalam banyak kasus. Hal ini membuat local disk c anda bertambah sendiri dan penuh.

Selain itu masih ditambah file sampah dari sisa update windows, history, ataupun pembaruan aplikasi lainnya. File ini juga masih tersimpan jika anda tidak membersihkannya secara manual.

Kita langsung saja masuk ke cara untuk bersih-bersih file sampah ini dari windows anda, agar kondisi local disk c anda saat ini bisa mendapatkan space kosong tambahan.

Membersihkan File Sampah dengan Disk Cleanup

Tools disk clean up ini bawaan dari sistem operasi windows yang mana memang ditujukan untuk membersihkan file sampah sistem windows anda (local disk c), yang dihapus disini file sampah yang tidak terpakai so tidak perlu khawatir akan timbulnya masalah jika anda menghapusnya.

Caranya:

  1. Anda bisa cari saja dengan menekan tombol Windows/Start lalu ketik "Disk" maka akan muncul hasil yang bernama "Disk Cleanup" silakan dibuka program tersebut.
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan dan pilihan untuk Local Disk mana yang ingin anda bersihkan dari file sampah.


    Tentunya pilih local disk C, anda juga bisa membersihkan file sampah di drive lain tapi perlu melakukannya satu per satu.
  3. Setelah pilih drive c tekan OK.
  4. Tunggu proses mendeteksi file sampah yang ada pada drive tersebut.
  5. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan file sampah yang bisa anda bersihkan, saya biasa centang semuanya untuk hasil maksimal.


  6. Setelah dicentang semua tekan OK untuk menjalankan membersihkan dan tekan Delete Files untuk konfirmasi lagi.
  7. Tunggu proses menghapus file sampah.
  8. Selanjutnya Anda bisa mencoba opsi Clean up system files untuk membersihkan file sampah windows lebih dalam lagi, seperti menghapus sisa file update windows,downloaded program file, file temporary dari internet,dll.
  9. Klik saja icon tameng bertuliskan "Clean up system files" cth gambar diatas, tunggu proses scanning file sampah, hasil akan muncul, centang semuanya dan OK untuk mendelete.
  10. Selesai.

Disini anda sudah berhasil menghapus file-file sampah dari windows secara mendalam, mungkin sedikit catatan saya biasa mencentang semua pada saat melakukan Disk Cleanup kecuali pada Download, karena biasanya ada file Download yang mana tidak ingin saya delete tentunya.

Saya lebih biasa mengecek secara manual dan mendelete setelah saya seleks mana file download yang masih saya pakai dan gunakan dan mana yang tidak saya pakai.

Uninstall Program Aplikasi atau Game yang Jarang Digunakan

Penyebab local disk c anda penuh mungkin dikarenakan terlalu banyaknya program aplikasi ataupun game yang terinstall pada komputer anda.

Karena memang program aplikasi ataupun game by default lokasi file dan data aplikasi/game berada pada drive c.

So kita harus efisien dan efektif kalau kata jaman sekarang minimalist:

  1. Uninstall aplikasi yang jarang di gunakan atau bahkan tidak pernah anda pakai.
  2. Uninstall game yang jarang anda mainkan.
  3. Uninstall aplikasi yang memiliki fungsi yang sama, misal anda mempunyai 2 atau lebih web browser bisa anda uninstallnya sisakan 1 yang terbaik untuk anda.

Untuk bisa mengunistall aplikasi/game anda bisa masuk ke Control Panel, berikut caranya:

  1. Tekan tombol Start/Windows lalu ketik "Uninstall" maka akan muncul hasil pencariannya silakan buka yang "Uninstall a program".


  2. Disini anda akan melihat list aplikasi dan game yang terinstall di komputer anda dan size setiap aplikasinya jadi anda bisa tahu mana program yang memakan ruang penyimpanan c anda.
  3. Silakan dipilih mana yang sekiranya tidak terpakai ataupun mempunyai fungsi yang sama cukup tinggalkan yang penting dan sering anda gunakan.

Menghapus File Berukuran Besar yang Tidak Penting pada Local Disk C

Anda bisa melakukan bersih-bersih file berukuran besar yang berada pada drive c komputer anda secara manual.

Yang meliputi local disk C ini seperti Desktop, Download, My Document, My Music, My Picture, My Videos.

Anda mungkin menyimpan file seperti video, file master aplikasi yang sudah terinstall ataupun hasil unduhan anda yang sekarang ini sudah tidak terpakai lagi.

Anda bisa memilah mana yang masih terpakai atau tidak, jika dirasa sudah tidak terpakai bisa anda hapus untuk membersihkan ekstra space penyimpanan pada local disk c anda.

Memindahkan Beberapa File Besar ke Local Disk Lain

Jika file data anda yang dirasa tidak penting dan terpakai tadi sudah di hapus untuk mendapatkan free space pada drive c.

Anda bisa melakukan langkah selanjutnya yaitu memindahkan file anda baik foto,video,dokumen,dll yang menurut anda masih penting dari drive c ke drive lain mungkin d, e, selain drive c.

Karena disini jika drive lain penuh saya rasa tidak akan menimbulkan masalah yang berarti dibandingkan local disk c anda yang penuh.

Perlu di ingat ya yang termasuk local drive c ini seperti: Desktop, Download, My Document, My Music, My Picture, My Videos.

Silakan anda pindahkan secara manual file yang masih anda perlukan terutama yang berukuran besar dari drive c ke drive lain d,e,dll.

Backup Data Secara Cloud untuk Menghemat Penyimpanan

Memindahkan file besar yang masih terpakai dari drive c anda ke drive lain cara tersebut tentunya hanya bisa anda lakukan jika drive d,e anda mencukupi space penyimpanannya.

Jika memang semua drive anda penuh ataupun drive d,e anda juga tinggal sedikit ruang penyimpanan yang tersisa maka cara yang bisa anda lakukan untuk bisa mendapatkan free space tanpa menghapus file data anda yang masih anda perlukan adalah dengan mengupload file tersebut secara cloud.

Anda bisa memanfaatkan penyimpanan cloud gratis seperti dar Google Drive, dan lainnya untuk membackup data anda.

Jadi jika sudah di upload drive/cloud maka anda bisa menghapus data file besar tersebut dari komputer anda, dan jika dibutuhkan anda bsa mendownloadnya kembali.

Walau terdengar merepotkan apalagi yang koneksi internetnya masih belum cepat namun cara ini satu-satunya jalan keluar terakhir untuk bisa memberi ruang kosong di penyimpanan komputer anda tanpa perlu hapus file dan tanpa upgrade hardware storage.

Menambah Kapasitas Partisi Local Disk C (expand)

Salah dalam mengatur ukuran kapasitas partisi drive c komputer windows kalian akan menjadi masalah di masa yang akan datang, seharusnya memang drive c / local disk c mendapatkan porsi kapasitas lebih dibandingkan local disk d ataupun e agar tidak menjadi masalah local disk c yang cepat penuh.

Namun jika sudah terjadi pembagian partisi drive dan local disk c komputer anda mendapatkan space yang kecil anda tetap masih bisa menambahkan kapasitas partisi c anda tanpa perlu install ulang dan melakukan partisi lagi dari awal.

Disini untuk menambah kapasitas local disk c kita memerlukan tools / aplikasi tambahan yang bernama EaseUS Partition Master. Aplikasi ini tersedia versi gratisnya dan bisa kita gunakan untuk menambah kapasitas local disk c.

Download EaseUS Partition Master (free version)

Jika sudah di download silakan install aplikasinya seperti biasa, next-next dan agree.

Selanjutnya setelah install, silakan buka aplikasi EaseUS Partition Master.

Tampilan awal seperti ini silakan pilih/klik Partisi yang mau diambil free spacenya untuk di alokasikan ke partisi c kita.


Jadi cara kerjanya kita akan mengubah/mengecilkan kapasitas partisi lain (selain C) misal partisi D,E,F,G,dst (kita ambl yang memiliki banyak free space).

Jadi dari drive yang banyak free space itu akan kita kecilkan kapasitasnya dan sisa pengurangan kapasitas penyimpanan drive tersebut akan kita alokasikan ke partisi C untuk menambah kapasitas local disk c kita.

Anda bisa melihat kolom Capacity saya, pilih partition yang memiliki banyak free space. Jika sudah silakan klik kanan pada Partition tersebut dan pilih resize/move.

Disini anda bisa mengurangi partisi tersebut sampai batas maksimalnya yaitu free space partisi tersebut.

<

div class="center">


Misal free space di local disk D anda 60 GB anda bisa mengurangi mungkin 40-50 (sisakan juga agar drive yang di kurangi tidak penuh), karena kalau penuh jadi kurang enak aja dilihat merah-merah.

Setelah itu klik OK untuk menyimpan perintah.

Nah disini setelah anda mengurangi kapasitas partisi lain, anda memilik yang namanya Unallocated disk yang bisa anda gunakan untuk menambah kapasitas partisi lainnya (dalam kasus ini mau nambahin local disk c ya guys).

Silakan klik kanan pada Partition C di EaseUS, lalu klik Resize/move.

Disini anda bsa menambahkan kapasitas Local Disk C anda dengan unallocated yang tersedia, silakan tambahkan kapasitasnya lalu jangan lupa OK untuk menyimpan perintah.

Terakhir untuk eksekusi perintah yang sudah dilakukan, mengurangi disk lain dan menambah disk c silakan klik Execute Operation yang ada di sebelah kiri atas, lalu tekan Apply.


Jika sudah jangan lupa reboot untuk melihat hasilnya.

Kesimpulan

Jika semua cara diatas sudah anda coba dan praktekan sepertinya masalahh local disk c anda bisa teratasi dan anda mendapatkan setidaknya sedikit ruang kosong di local disk anda agar komputer/laptop anda tetap bisa anda gunakan dengan nyaman dan optimal.

Namun jika dirasa masih kurang lagi free space drive anda itu artinya kebutuhan anda sudah tinggi dan anda perlu menambah hardware storage penyimpanan komputer/laptop anda.

Belilah hardisk berkapasitas besar untuk penyimpanan data file anda, ataupun SSD jika anda punya budget lebih dan menginginkan performa yang lebih baik.

Itu dia mungkin sedikit sharing dari saya tentang cara mengatasi local disk c komputer/laptop windows anda yang sering penuh, semoga bisa bermanfaat dan support blog ini dengan bagikan artikel ini ke sosial media teman-teman.