Cara Mengecilkan Ukuran File PDF

Journal - PDF atau Portable Dokument File format yang satu ini memang sering dan kerap digunakan dalam dunia komputer karena kemudahan untuk banyak pengguna mengakses, membuka dan membaca dokumen yang ada di dalamnya. 

Tidak perlu aplikasi yang berat cukup dengan aplikasi pdf reader yang berukuran kecil untuk kita bisa membaca file dokumen pdf tersebut. Bahkan jika anda tidak mempunyai aplikasi reader untuk format pdf anda tetap bisa membuka file pdf hanya dengan web browser saja.

Intinya pdf ini mudah diakses untuk siapa saja baik pengguna komputer ataupun mobile.

Nah terkadang saat kita membuat dokumen final kita menjadi format pdf itu ukuran file menjadi besar, ini mungkin terjadi karena kita tidak melakukan pengaturan khusus agar format file pdf yang diekspor tidak menjadi besar.

Ataupun kita sudah atur dan setting tapi ukuran file masih besar untuk bisa kita submit ke suatu website, ada kondisi dimana kita harus mengupload file dokumen format pdf kita dengan size yang sudah ditentukan maksimalnya misal 500 KB atau 1 MB.

Lalu pertanyaan sekarang bagaimana cara mengecilkan ukuran file pdf yang kita miliki?

Caranya cukup mudah sekali anda tidak perlu mendownload ataupun menginstall aplikasi tambahan, dan anda bisa mengecilkan ukuran file pdf ini baik melalui komputer ataupun smartphone. Langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

Mengecilkan Ukuran File PDF / Kompres PDF

Menggunakan Website ilovepdf.com

Anda bisa lakukan ini di desktop ataupun mobile melalui smartphone asalkan ada web browsernya.



Disana anda bisa tekan Select PDF files lalu pilih file pdf yang ingin anda kecilkan atau anda kompress size pdfnya.

Jika sudah, silakan tunggu sebentar untuk proses upload file pdf anda ke website tersebut.

Jika sudah akan muncul tombol untuk icon gerigi (pengaturan) silakan ditekan disana akan ada opsi untuk Compression Level mulai dari yang Extreme Compression (ukuran file paling kecil, kualitas file akan menurun), Recommended Compression (ukuran file kecil, hasil masih bagus) dan Less Compression (Kualitas masih terjaga bagus, ukuran file mungkin hanya sedikit berkurang).


Secara default menggunakan settingan Recommended Compression, namun jika nanti hasilnya masih kurang kecil size file pdfnya bisa menggunakan yang Extreme Compresion.

Jika sudah diatur Compression Levelnya, silakan klik Compress PDF agar file pdf di kompress.

Tunggu sebentar proses compress file pdfnya, lalu akan muncul hasilnya. Disini saya menggunakan settingan yang Recommended dan teryata ukuran file saya menurun 51% dari 263 KB menjadi 131 KB.


Anda bisa langsung download file pdf yang sudah terkompres atau opsi lain seperti langsung saved/upload ke Google Drive, Dropbox atau Copy Link untuk share hasil pdf yang sudah dikompres tersebut.

Dengan mengecilkan ukuran pdf lebih banyak manfaat yang bisa kita rasakan kita mungkin bisa menghemat storage dan memudahkan kita untuk upload dan share ke banyak orang melalui internet, apalagi jika file pdf anda berukuran besar (mungkin e-book dengan ratusan atau ribuan halaman) maka akan terasa lebih manfaatnya.

Selain itu juga terkadang kita diharuskan mengecilkan ukuran file pdf untuk kebutuhan yang diminta oleh sistem misal saat harus mengupload ke suatu website dengan batasan berapa sekian MB untuk ukuran filenya, ini bisa jadi solusi dengan mengompres ukuran file pdf yang anda miliki sebelum di unggah ke situs tersebut.

Selain situs ilovepdf.com ada banyak lagi alternatif web tools dengan fungsi serupa untuk mengecilkan ukuran file pdf seperti smallpdf.com , pdf2go.com , sodapdf.com , dll anda bisa cari di google dengan keyword "kompres pdf". Untuk cara penggunaannya kurang lebih sama anda upload file pdf yang ingin anda kecilkan, pilih opsi kompresi file mau yang high atau less, lalu file sudah terkompresi siap anda download dan gunakan.

Mungkin itu dulu sedikit tutorial dari saya untuk anda yang ingin mengecilkan size file pdf tanpa aplikasi tambahan cukup memanfaatkan tools dari website yang sudah ada, mudah dan cepat. Semoga bermanfaat jangan lupa share artikel ini, terima kasih.
Tags: Dokumen PDF