Cara Sederhana Mengaman Wifi Di Curi Tetangga

Ketika kita berlangganan wifi tentunya ada biaya layanan yang harus kita bayarkan setiap bulanannya. Kita juga sebagai pengguna tentunya ingin wifi dalam kondisi yang baik dan kencang internetnya tidak ada trouble atau masalah jaringan.


Kalau ada trouble pada jaringan wifi dirumah tentunya kita langsung menghubungi cs dari layanan wifi yang kita gunakan agar segera diperbaiki dan bisa segera digunakan kembali wifinya.

Nah terkadang atau bahkan sering dari kita merasakan kecepatan internet wifi kita menjadi lemot, bukan karena ada trouble dari pusat tapi karena adanya pengguna asing yang bukan dari penghuni rumah kita. 

Apalagi untuk kita yang berlangganan wifi untuk paket yang entry level, dimana dipakai sendiri dan keluarga dirumah saja sudah ngepas bandwidht-nya ini malah ada orang luar mungkin tetangga yang akses wifi kita setiap saat.

Baca juga: Belajar Termux

Mungkin juga mereka yang istilahnya nyolong wifi kita itu juga menggunakannya untuk hal-hal berat seperti nonton youtube 720p keatas, download, dll yang menggunakan banyak bandwidht wifi kita. Hal ini tentunya merugikan kita sebagai pemilik wifi yang harusnya kita bisa akses internet dengan cepat ini malah jadi lemot dan parahnya mungkin sampai tidak bisa sama sekali.

Mungkin anda sudah mencoba mengganti password wifi anda dengan yang baru tapi entah entah kenapa mereka juga bisa tahu password wifi yang baru, nah pada kali ini saya akan bagikan tips atau cara yang sederhana (cukup 1 langkah) untuk bisa mengamankan wifi anda dari pencuri wifi. 

Memperkecil Transmitting Power Wifi

Transmitting Power bisa dikatakan kemampuan daya pancar/jangkauan wifi dari router kita. Kita bisa atur mau berapa persen power yang digunakan, semakin besar powernya maka semakin besar jangkauan wifi kita dirumah. 

Nah disini kita bisa atur agar kekuatan sinyal wifi kita sesuai dengan kebutuhan pemakaian kita dirumah, asal cukup kita bisa konek dari seluruh ruangan dirumah itu sudah baik. Tergantung dari luas rumah anda, anda mungkin butuh 20% 40% 60%, dst asal cukup dan tidak berlebihan sampai sinyal wifi anda masuk ke rumah tetangga depan dan kanan kiri rumah anda.

Jadi kalau sinyalnya kita perkecil agar hanya orang-orang yang berada dirumah saja yang bisa konekan jadi lebih aman dari pencurian wifi.

Untuk bisa mengatur Transmitting Power pada pengaturan wifi kita perlu melakukan hal ini:

  1. Anda bisa menggunakan perangkat apapun smartphone atau pc, asalkan anda sudah tersambung dengan jaringan wifi anda yang ingin anda kecilkan Transmitting Power-nya.
  2. Jika sudah terkoneksi dengan jaringan wifi anda, buka browser pada perangkat yang anda gunakan saat ini dan akses 192.168.1.1 untuk mengakses pengaturan router.
  3. Anda harus login untuk mengakses pengaturan router wifi anda, masukan username dan passwordnya. Buat username dan password setiap jenis router dan setiap isp bisa berbeda-beda.

    Namun biasanya juga dibiarkan default seperti username "admin" dan password "admin" atau password "password" atau password "1234". Anda bisa coba 1-1 kalau salah terus anda bisa searching di google dengan keyword "username password router namarouter namaisp" misal saya cari "username password router zte indihome.

    Biasanya akan banyak list untuk username dan password yang biasa digunakan, anda bisa coba 1 per satu sampai berhasil login ke admin router anda.
  4. Jika sudah berhasil login anda akan masuk ke halaman panel admin untuk pengaturan jaringan wifi anda. Disini saya contohkan dengan router zte karena kebetulan wifi dirumah pakai router ini. 

    Anda bisa masuk ke penggaturan Network / Jaringan > WLAN > lalu ke pilihan Basic.

    Disini anda bisa melihat pengaturan Transmitting Power anda bisa kecilkan angkanya dari 100% bisa ke 80% 60% 40% 20%.

    Sesuaikan dengan kebutuhan anda, kecilkan saja asal anda sudah cukup konek saja diseluruh ruangan rumah itu sudah cukup tidak perlu kondisi full sinyal. Untuk besaran angka menyesuaikan dengan ukuran / luas rumah anda masing-masing silakan  dicoba-coba sendiri.

    Jika sudah silakan tekan submit / save / simpan pengaturan.
  5. Selesai.
Mungkin sedikit catatan untuk letak pengaturan dan nama pengaturan Transmitting Power untuk setiap jenis router mungkin ada sedikit perbedaan. Diatas saya contohkan dengan router ZTE, saya ambil contoh untuk router Huawei tidak ada Transmitting Power tapi diganti dengan nama Tx power. 

Intinya sih untuk pengaturan radius atau power kekuatan wifi ini bisa berbeda tempat dan namanya di setiap jenis router. Anda cukup cari dan masuk ke pengaturan Wifi/WLAN disana biasanya ada pengaturan Power yang menandakan pengaturan untuk kekuatan jaringan wifi kita.

Selain itu anda bisa meletakan / memindakan letak router anda (jika memungkinkan mungkin kabel masih panjang) ke posisi tengah dari rumah anda dengan begitu persebaran sinyal wifi bisa merata untuk setiap kamar dan anda bisa atur kekuatan sinyal tanpa berlebih dari masing-masing sudut rumah.

Cara mengecilkan power atau radius sinyal wifi ini terbukti lebih efektif pencurian sinyal wifi, karena dengan sinyal yang pas dirumah saja maka pencuri wifi harus berada pada posisi yang dengan dengan rumah kita. Itu poinnya.