Mengenal Tentang Genteng Sokka dari Kebumen

Dalam membangun sebuah rumah kita perlu melakukan perencanaan yang matang-matang mengenai bahan baku bangunan yang akan kita gunakan untuk rumah kita.

Salah satu komponen yang krusial dalam pembangunan sebuah rumah adalah genteng. Bisa dikatakan genteng inilah yang menjadi peneduh kita dari panas dan melindungi kita dari air hutan. Setiap hari genteng kita mengalami secara langsung perubahan cuaca panas, dingin, dan hutan. Untuk itu memilih genteng yang berkualitas haruslah menjadi point utama kita ketika membangun sebuah rumah.

Namun bicara kualitas kita juga harus bicara juga dengan tabungan atau dana yang tersedia untuk kita dalam membangun rumah, tentunya kita tidak ingin dana habis untuk genteng yang berkualitas tapi nanti yang lain belum selesai. Untuk itu kita perlu memilih mana genteng yang bisa dikatakan terjangkau namun tetap awet dan berkualitas.

Jadi untuk jangka panjang juga aman gak cepat bocor atau masalah lainnya, nah salah satu genteng berbahan tanah liat yang terjangkau namun tetap kuat dan kualitasnya baik cukup terkenal ada Genteng Sokka. 

Buat ingin membuat rumah wajib tahu dan mengenali Genteng Sokka ini.

Genteng Sokka

Genteng Sokka ini merupakan genteng yang berasal dari daerah Soka, Kebumen, Jawa Tengah. Walaupun kini tentunya anda bisa menemukan genteng jenis di ini hampir di semua toko bangunan di daerah sekitar anda. 

Genteng Sokka termasuk jenis genteng berbahan tanah liat. Tanah liat memang masih menjadi primadona bahan genteng untuk rumah di Indonesia. Kelebihan dari genteng jenis tanah liat seperti harganya yang relatif murah, cukup awet dan tahan lama serta pemasangan dan perbaikannya yang sederhana tidak perlu tukang/ahli khusus bahkan anda sebagai pemiilik dapat memperbaikinya sendiri.

Menariknya dari genteng sokka ini cukup ringan dibanding jenis genteng tanah liat lainnya, sehingga lebih mudah dan cepat dari segi pemasannya.

Genteng Sokka genteng ini cukup populer dikalangan masyarakat terutama pada rumah jenis perumahan karena biasanya pemborong paling favorit menggunakan jenis genteng yang satu ini karena harganya yang relatif murah.

Walaupun murah tentunya tidak mengurangi kualitas dan keawetannya. 

Bicara kualitas tidak lepas dari bahan tanah yang digunakan, berdasarkan sejarah sendiri tanah di daerah Soka (tempat produksi genteng Sokka) merupakan tanah terbaik untuk bahan baku pembuatan atap pada tahun 1920 dibandingkan dengan daerah lainnya.

Untuk proses pembuatan genteng Sokka ini bisa dikatakan masih tradisional walaupun ada yang menggunakan mesin namun tetap masih bergantung lebih ada proses tradisionalnya. Inilah yang menjadi terjaganya kualitas sedari dulu hingga sekarang karena masih mempertahankan cara lama untuk proses pembuatannya.

Bisa dikatakan Genteng Sokka ini pemilihan yang bijak untuk anda yang ingin membangun rumah dengan dana yang terbatas namun tetap tidak mengorban kualitas dan ketahanan untuk pemakaian jangka panjang.

Harga

Untuk harga bisa anda temui mulai harga Rp. 1400an tergantung pada jenis genteng soka, ukuran dan kelas kualitasnya. Jika anda bingung untuk pemesanan anda bisa memesan Genteng Sokka dan juga ada jenis genteng lainnya seperti Genteng Jatiwangi melalui website gentengwinata.com. Melayanai pemesanan untuk pulau jawa (bisa anda cek di webnya daerah mana saja).