HTMLy (flat-file CMS) dan AMP: Cepat dan Hemat Resource

13/12/2021 - Posted in CMS by masarif - Permalink

Pada artikel sebelumnya saya membahas tentang Flat-file CMS salah satu kelebihan utama dari CMS berbasis flat file ini adalah ringan sekali, proses load sangat cepat dan tidak membebani server.

Semua ini bisa terjadi karena flat file CMS ini tidak menggunakan database untuk menyimpan datanya murni hanya berupa file .php dan file lainnya sehingga dengan cepat dieksekusi oleh server.

Anda tidak perlu hosting mahal-mahal untuk bisa menjalan flat-file CMS.

Sebagai contoh saya menggunakan flat-file CMS HTMLy saya menjalan blog ini hanya dengan hosting termurah dengan 5 ribu rupiah perbulannya.

Disini sebenarnya saya sudah merasakan memang secara loading lebih cepat dari segi pengunjung karena tadi proses pengambilan data dari database tidak ada langsung di proses dan eksekusi dari file .php begitu saja.

Nah disini ide saya sebagai seorang blogger muncul untuk memodifikasi sedikit theme dari HTMLy yang saya gunakan Logs agar kompatibel dengan Google AMP.

Membayangkannya saja flat-file CMS + Google AMP seberapa cepat proses load, beban server juga akan jauh berkurang, dan faktor SEO juga dimana google sekarang ini sudah mengarahkan semuanya serba AMP.

Mungkin sedikit point kenapa menjadi HTMLy menjadi Flat-file CMS Blogging berbasis AMP adalah point yang sempurna untuk kedepannya.

Loading Akan Semakin Cepat

HTMLy dan AMP Sempurna Kecepatan Loading

HTMLy yang merupakan CMS Flat-file sendiri sejatinya sudah cepat ditambah lagi dengan AMP adalah kombinasi sempurna untuk kecepatan loading sebuah blog/website.

AMP ini akan membuat blog kita menjadi instan loading ketika dikunjungi melalui google.

Bukan loading lagi ya tapi instan, hasil langsung muncul dengan baik ketika pengunjung blog datang dari pencarian google.

Kalau pengunjung datang dari non-pencarian google sekalipun loading tetap cepat karena dari HTMLy (flat-file CMS) sudah cepat, AMP cepat, ditambah ada satu fitur yang mungkin bisa dimaksimalkan dari AMP, yaitu AMP Optimizer.

Tentang AMP Optimizer dokumentasinya bisa dibaca disini: Menggunakan Pengoptimalan AMP

Saya sendiri sudah menggunakannya pada blog ini tapi menggunakannya melalui CDN Cloudflare.

Sebenarnya ada cara untuk mengimplementasinnya secara php namun saya masih belum sampai kelevel tersebut untuk memodifikasi HTMLy ini.

Karena terus terang saja CDN Cloudflare versi gratis ini bagai pisau bermata dua karena bisa latensi koneksi ke server menjadi lama.

Ya karena saya pakai hosting murah low spek saya hanya ingin mengamankan dari seranggan DDOS dan bot-nya saja, serta fitur AMP Optimizer.

Saya rasa menarik jika fitur HTMLy memiliki theme AMP atau bahkan sampai Admin Panel support AMP.

Untuk AMP optimizer saya rasa bisa juga disematkan dengan AMP Toolbox for PHP

Semakin Hemat Resource Hosting

Kenapa AMP bisa cepat dan instan proses loading ketika diakses melalui pencarian google.

Jawabannya ada beberapa faktor, seperti:

  1. Browser lebih mudah, dan cepat dalam menaftsir HTML AMP.
  2. AMP HTML memang dirancang untuk cepat diakses oleh pengembang dengan menghindari masalah pengkodean umum yang menjadikan pemuatan suatu halaman lambat.
  3. Lazyload secara default semua komponen AMP seperti image, video (youtube), dan iframe diload secara lazyload.
  4. Google AMP Cache.

Poin ke-empat ini menjadi alasan load AMP HTML instan jika melalui pencarian google.

Kita tahu pengunjung sebuah blog bisa dikatakan kebanyakan mereka datang melalui pencarian google.

Halaman blog/web yang valid AMP akan disajikan langsung dari Google AMP Cache.

Jadi jika memungkinkan google akan menyajikan blog kita dalam salinan cache dari halaman blog kita. Sehingga proses loadnya cepat dan instan.

Google AMP Cache ini bisa membantu meringan kerja hosting yang gunakan, blog kita akan semakin irit resource.

Belum lagi perlu menjadi catatan jika aturan dalam AMP kita tidak boleh menggunakan js eksternal selain dari AMP dan CSS harus dituliskan secara inline.

Saya rasa ini merupakan CDN gratis bukan jika dimanfaatkan untuk platform AMP.

Jadi JS kita ambil resource dari servernya AMP, dan CSS di inline mengurangi permintaan http dari css dan js yang kita gunakan.

Kesimpulan

Mungkin sedikit saya menaruh harapan ke CMS HTMLy ini agar terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi.

Menurut saya AMP bisa digunakan dan dimanfaat sebagai poin menarik dari sebuah CMS berbasis Flat-file yang mengutamakan kecepatan.

Secara implementasi tema sangat aman memungkinkan saya sendiri sudah mencobanya mungkin jika ingin membranding HTMLy ini sebagai Flat-file CMS berbasis AMP bisa di-implementasi secara keseluruhan hingga admin panel dan fitur penyempurna seperti AMP Optimizer.

Walaupun tidak ada kata sempurna untuk sebuah ciptaan manusia saya rasa jika di-implementasi HTMLy & AMP bisa jadi platform blogging terbaik untuk masalah kecepatan loading dan hemat resource.

Menarik melihatnya kedepan, barangkan ide ini mungkin sudah terpikirkan oleh Mas Danpros sebagai pencipta HTMLy.


Load more