Kenapa Orang Suka Membaca Review Film

 Ketika menonton sebuah film kita akan disuguh berbagai cerita, alur dan perspektif yang menarik dan berbeda dari satu film ke film lainnya. Film yang menarik menurut saya pribadi adalah film yang mampu menyampaikan pesannya kepada penonton tentunya dengan cara penyampaian yang mungkin dibuat semenarik mungkin.

Inilah yang membuat sebuah film sangat menarik dan kenapa pecinta film dan kaum rebahan seperti saya bisa menghabiskan waktu seharian dikala waktu sengang untuk menonton sebuah film.

Apalagi jika film tersebut memiliki alur cerita yang sulit ditebak dan pesan disampaikan dibuat tersirat, disitulah otak kita berpikir dan berimajinasi untuk memikirkannya. Jadi 1 film bisa jadi banyak arti dan pandangan akan maknanya jika kita tanyai para penonton film tersebut.

Ya ini bisa jadi bahan obrolan untuk kita sesama para pecinta film ketika berkumpul, jadi ada bahan diskusi menarik dan tukar pendapat.

Bagi non pencinta film mungkin bingung kenapa ada ya orang yang melihat review film baik sebelum ataupun sesusah menonton film tersebut itu sendiri. 

Lha wong mau nonton kok lihat reviewnya dulu nanti gak seru dong, maka kena spoiler.

Lha wong sudah nonton kok masih lihat review sama aja gak nonton dong kalau masih belum begitu paham alurnya.

Itulah ucap orang-orang yang bisa dikatakan non pecinta film seperti kita.

Menurut saya pribadi ada beberapa alasan kenapa orang suka membaca review film baik sebelum atau sesudah menonton film tersebut, berikut alasannya:

Untuk yang membaca review sebelum menonton

Alasannya tentunya mereka ingin menonton film yang memang terbaik dan layak untuk mereka tonton, walaupun terkena spoilerpun itu tetap akan menarik jika film tersebut memang menarik story tellingnya.

Bahkan ada orang yang menonton 1 film lebih dari 1 kali karena memang benar-benar suka cerita, pemeran, dan segala sesuatu yang ada pada film tersebut.

Ibaratnya mereka sudah lihat sudah tahu jalan cerita dan visualnya masih tetap nonton kok kalau memang suka.

Jadi membaca review terlebih dahulu malah membuat kita tidak merasa kecewa setelah menonton film tersebut, ini berlaku untuk para anak bioskop yang suka menonton film di bioskop bersama teman. 

Jadi ibarat mau ke bioskop kita sudah punya tujuan yang jelas untuk menikmati film mana yang bagus karena sudah membaca reviewnya ya, buka sekedar ikut-ikut hype film saja.

Untuk yang membaca review film setelah menonton film

Disini kebanyakan yang membaca review setelah menonton film itu sendiri adalah kaum rumahan yang suka menonton film sendiri dirumah, karena setelah menonton film yang diangap menarik tersebut mungkin ada beberapa hal yang menarik membuatnya penasaran.

Mungkin saja alur dan ceritanya begitu banyak plot twist menarik yang bisa jadi bahan diskusi, ibarat 1 orang dengan orang lainnya bisa beda persepsi dalam mengartikan film tersebut.

Membaca review film setelahnya mungkin bisa jadi tempat terbaik untuk memaknai atau sekedar diskusi sesama penonton film. Ya namanya juga nonton dirumah, beda yang menonton diluar mungkin saja kan bareng temannya jadi ada bahan diskusi yang masih fresh setelah menonton.

Walaupun begitu juga ada penikmat review film yang juga sudah menonton film bersama temannya di bioskop, mungkin saja dia suka persepsi dan sudut pandang pembuat review film tersebut karena tajam dan bisa mengambil sisi menarik lebih dalam lagi.

Film itu bisa dikatakan sebuah cerita yang akan asik jika kita penontonnya juga bercerita dan bertukar opini setelah menontonnya. Jadi itulah kenapa banyak orang suka menonton review film sebelum ataupun sesudah menonton film itu sendiri.

Kalau saya sendiri punya tempat tersendiri yang menjadi langganan saya untuk membaca review film yaitu di filmbor.com yang merupakan situs review film online, disana update review cepat termasuk berbagai film unpopuler tapi menarik juga ada. Pembahasannya juga menarik sehingga saya betah untuk membacanya.

Tags: review film