Melirik 5 Ide Bisnis Potensial Berbahan Baku Besi dan Baja

22/01/2023 - Posted in Bisnis by masarif - Permalink

Usaha dengan bahan baku besi dan baja masih tetap dibutuhkan karena di masa depan kebutuhan konstruksi akan semakin berkembang. Usaha ini tidak hanya untuk kebutuhan industri tetapi juga untuk kebutuhan masyarakat secara luas, misalnya untuk membangun rumah. Di bawah ini terdapat beberapa peluang bisnis potensial mengandalkan bahan baku besi dan baja yang bisa Anda lirik: 

Jasa fabrikasi besi dan baja 

Peluang pertama dalam usaha berbahan dasar besi dan baja adalah jasa fabrikasi, yaitu pembuatan material besi dan baja melalui proses fabrikasi logam. Usaha ini dibutuhkan untuk memenuhi permintaan pasar atas produk jadi besi, baja, dan stainless steel berupa pipa, pelat, kawat baja, tiang, rangka, dan produk lainnya. 

Usaha jasa fabrikasi membutuhkan lokasi pabrik yang layak untuk proses perencanaan, penimbunan material, pengolahan, dan finishing. Proses pembuatan ini juga memerlukan ketelitian dan keamanan tingkat tinggi. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan produk yang berkualitas dan harga jual tinggi. Dari produk yang baik, keperluan industri berdasarkan besi dan baja akan memiliki kualitas yang baik pula. Oleh karena itu, proses fabrikasi menjadi dasar menentukan kualitas produk akhir. 

Jasa ereksi baja 

Jasa ereksi baja merupakan jasa yang diberikan perusahaan untuk merakit material baja dalam proses konstruksi, terutama konstruksi bangunan gedung. Perakitan bahan konstruksi memerlukan ketelitian dan pengetahuan mengenai komponen baja itu sendiri. Jika perakitan tidak dilakukan dengan benar, maka akan menimbulkan kerugian dan efek buruk pada struktur bangunan di masa depan. Jasa ereksi baja merakit baja dengan menggunakan ikatan baut (bolting) dan pengelasan (welding). Diperlukan kemampuan seperti ketelitian dan memahami posisi komponen baja.

Jual beli dan pengolahan besi tua (scrap)

Material besi tua masih memiliki harga yang relatif tinggi untuk dijual kembali. Banyaknya bangunan atau alat transportasi yang terbengkalai menyisakan sampah besi tua yang sebenarnya bisa didaur ulang. Selain melakukan usaha jual beli besi tua, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan mengembangkan pengolahan besi tua tersebut. 

Pasokan besi dan baja di Indonesia sebagian besar berasal dari impor. Usaha ini berpeluang besar untuk memenuhi kebutuhan bahan bermaterial besi dan baja yang lebih terjangkau karena diproduksi di dalam negeri. Pengolahan scrap membutuhkan presisi yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan modal yang cukup besar. Hasil olahan scrap dapat menjadi rangka produk furniture, pembuatan alat perkebunan seperti sekop dan pot tanaman, material mainan, hingga bahan konstruksi bangunan. 

Pengolahan baja ringan

Kebutuhan baja ringan untuk bangunan perumahan memiliki peluang yang besar. Meningkatnya pembangunan perumahan subsidi membutuhkan material yang lebih awet dibandingkan dengan kayu. Dalam mempersiapkan usaha ini, Anda perlu selektif dalam memilih bahan baku sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. Dasar ini juga menentukan jenis kelas baja ringan yang akan Anda produksi dan akan berpengaruh pada tingkatan pasar.

Peluang jual beli besi eceran

Peluang usaha lain dari bahan baku besi dan baja adalah jual beli besi eceran atau melalui ritel. Dalam menjual besi dan baja secara eceran, Anda perlu menentukan produk-produk apa saja yang akan dijual. Selain itu, seperti halnya toko yang menjual barang eceran, akan lebih baik jika Anda melengkapi produk-produk penunjang konstruksi lainnya seperti cat, sekrup dan baut, paku, dan kawat bendrat. 

Peluang bisnis dengan bahan baku besi dan baja patut dilirik dan dicoba karena peluang yang masih terbuka luas. Sama seperti membuka bisnis yang lain, tidak ada salahnya mempelajari seluk beluk bisnis ini agar Anda mendapatkan keuntungan maksimal. Apalagi kini perbankan sudah banyak yang menawarkan kredit kepada bidang usaha UMKM, sehingga urusan permodalan menjadi lebih mudah. Bagi Anda yang ingin memulainya, tunggu apa lagi? Yuk dimulai!