Mencoba HTMLy, CMS Ringan Tanpa Database

11/12/2021 - Posted in CMS by masarif - Permalink

2013 mungkin tahun awal mengenal tentang blog. Sudah berbagai platform blog saya coba mulai dari yang gratis hingga yang harus membeli sebuah hosting saya coba.

Mungkin saat ini untuk platform terpopuler atau CMS yang banyak digunakan para blogger hanya ada 2 yaitu blogger (bisa gratis, atau dengan domain sendiri) dan juga wordpress (gratis atau hosting sendiri).

Memang dari kedua platform tadi sudah sangat cukup untuk keperluan blog.

Dengan blogger bisa menghemat budget karena mungkin kita hanya domain saja jika kita ingin serius dan membangun sebuah blog.

Dengan wordpress kita perlu hosting dan juga domain (tentunya biaya lebih).

Untuk blogger sendiri memang kita disediakan tempat (host) secara gratis hanya perlu domain saja, tapi perlu menjadi catatan bahwa posisi kita disana bisa dikatakan numpang akan ada kemungkinan blog kita dihapus.

Karena status numpang ini terkadang saya rada wanti-wanti blog terhapus karena saya sendiri mempunyai pengalaman tersebut. Entah apa yang menjadi permasalahannya saya rasa tidak perlu saya bahas disini.

Wordpress sendiri bisa dikatakan kita mempunyai tempat dan alamat sendiri tapi dengan konsekuensi kita membayar lebih untuk hosting dan domain.

Untuk pemula yang baru memulai dengan wordpress (wordpress self hosted / hosting sendiri) ya bisa dikatakan tidak murah.

Sebenarnya bisa saja murah dengan syarat kita menggunakan paket hosting yang paling murah dan ccTLD seperti (.my.id atau .web.id).

Namun tetap saja saya entah kenapa kurang sreg dengan domain ccTLD (nanti akan saya buatkan pembahasannnya kenapa kurang sreg).

Paling tidak untuk blog/web saya minimal pakai .com .net .info (TLD) atau kalau mau pakai ccTLD yang (.id) sekalian tapi biayanya lebih terjangkau yang Top Level Domain.

Kita hitung saja domain TLD .com seharga 125k/ tahun belum termasuk hosting untuk bisa menjalan wordpress jika kita berpikir jangka panjang maka menggunakan paket hosting termurah bukanlah pilihan yang bijak.

Karena wordpress bukanlah sebuah CMS yang ringan untuk dijalankan.

Ya pengalaman saya kurang baik paket hosting murah untuk build sebuah blog wordpress, karena begitu traffik kita naik tentunya web kita gak akan kuat dan akhirnya down.

Ini menjadi sebuah masalah.

Lalu saya berpikir ada tidak ya sebuah CMS atau platform buat blog yang ringan dimana kita tidak perlu spesifikasi hosting yang tinggi.

Jadi paket yang paling ekonomispun masih bisa berjalan lancar, bisa untuk jangka panjang. Jadi mau postingan blog kita sudah banyak ribuan mungkin atau pengunjung sudah ribuan tidak perlu upgrade paket host.

Ketemulah saya dengan yang namanya HTMLy ini.

HTMLy Platform Blog Tanpa Database yang Super Ringan

HTMLy ini merupakan CMS untuk blog yang open source. Jadi anda bisa menggunakanya secara gratis. htmly.com

Hal menarik dari HTMLy ini adalah hanya berbasis PHP jadi disini tidak menggunakan database atau istilahnya flat file CMS.

Karena tanpa menggunakan database CMS ini akan bisa berjalan dengan lancar meski hanya dijalan di hosting/server yang murah sekalipun.

Aksesnyapun sangat cepat karena tanpa database tadi.

Inilah kenapa saya tertarik dan menggunakan CMS HTMLy untuk blog bloggerjateng.com ini.

Jadi saya bisa hemat sekali dalam biaya hosting.

Saya sendiri menggunakan paket hosting Lite (yang termurah) dari Wide Host Media dengan biaya yang sangat murah hanya Rp. 5000 per bulan atau sekitar Rp. 60.000 per tahunnya.

Dengan paket tersebut saya mendapatkan hosting dengan spesifikasi RAM 256 GB, 500 MB Storage SSD, 1 core CPU, Unlimited Bandwidth (jangan terlalu berharap walau tertulis begitu, hehehe).

Jika saya paksakan dengan CMS wordpress saya ragu bisa menjalankannya dengan lancar apalagi bila melihat kedepan, takutnya pengunjung naik sedikit gak kuat, hehehe.

Di situs resmi HTMLynya sendiri mengklaim bahwa CMS mereka bisa berjalan dengan 512 MB RAM atau bahkan dibawahnya, dengan spesifikasi tersebut sudah bisa menghandle 20.000 posts tanpa ada masalah.

Wow inilah yang membuat saya tertarik untuk menggunakannya.

Jadi sebagai seorang blogger saya bisa menghematlah biaya untuk hosting.

Menarik untuk mencobanya kedepan di blog ini, seberapa enteng HTMLy ini.

Kedepan blog ini sudah mencapai ribuan postingan atau ribuan pengunjung blog ini setiap harinya tidak ada masalah blog atau gak downlah, Saya rasa gendeng ini CMS. hehehe.

Jempol buat pembuatnya mas Danang Probo Sayekti orang Indonesia ya jadi kita wajib coba dan support. Saya sendiri tahu HTMLy ini dari forum buatannya di bersosial.com.

Sejauh ini saya masih nyaman dengan ui, fitur, dan kecepatan yang diberikan.

Semuanya sudah memenuhi kebutuhan blogging sederhana saya.

Kita lihat kedepannya akan banyak faktor yang menjadi penilaian saya apakah layak HTMLy ini jadi platform penganti wordpress saya untuk keperluan blog.

Tags: Blog CMS HTMLy