Mengenal Jenis Decking Lantai Kayu, Mana yang Cocok Untuk Area Outdoor Rumah Anda

Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang decking lantai yang paling pas untuk area outdoor rumah kita. Pasti kalian semua udah pada tau dong, kalau decking lantai itu sebuah lantai kayu yang digunakan untuk lantai outdoor, seperti teras atau halaman belakang rumah. Tapi, tahukah kalian bahwa ada berbagai jenis decking lantai yang bisa dipilih sesuai dengan gaya dan kebutuhan kita? Yups, kali ini kita akan bahas jenis-jenis decking lantai terbaik untuk area outdoor rumah dengan gaya anak muda. So, stay tuned ya!

Harga Decking Kayu PerMeter²

Harga saya ambil dari situs lantaikayu.asia yang juga jual decking kayu, bisa sebagai referensi harga untuk anda.

Jenis Decking kayu
Ukuran per pcs (cm)Harga per Meter²
Kayu Kempas1,9 cm x 9 cm x 100 cm up Rp, 349.000 /m²
kayu campur1,9 cm x 9 cm x 210 cm up RP. 259.000 /m²
kayu Bengkirai Polos kecil1,9 cm x 6,9 cm x 210 cm up RP. 349.000 /m²
kayu Bengkirai Standar1,9 cm x 9 cm x 100 cm up RP. 449.000 /m²
kayu Bengkirai Polos1,9 cm x 9 cm x 100 cm up RP. 475.000 /m²
kayu bengkirai Jumbo2,5 cm x 14,5 cm x 100 cm up RP. 753.000 /m²
kayu keruing1,9 cm x 9 cm x 100 cm up RP. 449.000 /m²
kayu Merbau1,9 cm x 9 cm x 100 cm up RP. 489.000 /m²
kayu Ulin kalimantan1,9 cm x 9 cm x 100 cm up RP. 889.000 /m²

Decking Lantai Kayu Uli

Decking lantai kayu uli adalah sebuah pilihan lantai yang cukup populer saat ini. Decking kayu uli ini terbuat dari kayu yang diperoleh dari pohon uli yang tumbuh di hutan tropis. Kayu ini dianggap sebagai kayu yang kuat dan tahan lama.

Kelebihan dari decking lantai kayu uli adalah tahan lama dan tidak mudah rusak. Kayu uli merupakan kayu yang cukup kuat dan tahan lama, sehingga cocok untuk digunakan sebagai lantai. Selain itu, decking kayu uli juga tidak mudah rusak oleh air dan cuaca yang ekstrim.

Kekurangan dari decking lantai kayu uli adalah harganya yang cukup mahal. Kayu uli diperoleh dari hutan tropis, sehingga harganya cukup tinggi dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Selain itu, decking kayu uli juga membutuhkan perawatan yang cukup rutin agar tetap terlihat indah.

Menurut saya, decking lantai kayu uli cocok digunakan untuk lantai dalam rumah atau bangunan yang membutuhkan lantai yang kuat dan tahan lama. Decking kayu uli juga cocok digunakan untuk lantai teras atau halaman belakang rumah yang terkena sinar matahari dan hujan.

Jadi, decking lantai kayu uli adalah pilihan yang baik untuk lantai yang membutuhkan ketahanan dan kekuatan. Namun, harganya yang cukup mahal mungkin menjadi pertimbangan bagi beberapa orang. Jika kamu ingin memiliki lantai yang indah dan tahan lama, decking kayu uli mungkin menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Decking Lantai Kayu Bengkirai

Decking lantai kayu bengkirai adalah salah satu jenis lantai kayu yang digunakan untuk lantai eksterior seperti teras, balkon, atau taman. Kayu bengkirai sendiri adalah kayu yang berasal dari pohon bengkirai yang tumbuh di hutan hujan tropis. Kayu ini memiliki warna yang cenderung kecokelatan dan memiliki tekstur yang kasar.

Kelebihan dari decking lantai kayu bengkirai adalah tahan terhadap cuaca ekstrim seperti panas dan hujan. Kayu ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan rayap dan jamur. Selain itu, decking lantai kayu bengkirai juga memiliki tampilan yang elegan dan natural, sehingga cocok digunakan untuk area luar yang ingin dibuat lebih alami.

Kekurangan dari decking lantai kayu bengkirai adalah cenderung mahal dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Selain itu, kayu ini juga perlu diperlakukan dengan perawatan khusus agar tidak cepat rusak.

Menurut saya, decking lantai kayu bengkirai cocok digunakan untuk area luar yang ingin dibuat lebih elegan dan alami. Misalnya untuk teras rumah, taman, atau balkon. Namun, jika budget yang dimiliki tidak cukup besar, maka bisa juga mencari jenis kayu lain yang lebih murah.

Jadi, kalau kamu ingin punya lantai eksterior yang keren dan natural, decking lantai kayu bengkirai bisa jadi pilihan yang tepat. Namun, pastikan budget kamu cukup dan siap untuk melakukan perawatan yang diperlukan.

Decking Lantai Merbau

Decking lantai kayu merbau adalah salah satu jenis lantai kayu yang terbuat dari kayu merbau. Kayu merbau adalah jenis kayu yang berasal dari hutan hujan tropis di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Maluku, dan Papua Nugini. Kayu ini memiliki warna coklat kemerahan yang menarik dan keras.

Kelebihan dari decking lantai kayu merbau adalah:

  • Tahan lama: Kayu merbau memiliki sifat yang keras sehingga decking lantai kayu merbau akan tahan lama dan tidak mudah rusak.
  • Warna yang menarik: Warna coklat kemerahan dari kayu merbau akan menambah kesan elegan dan mewah pada lantai kayu Anda.
  • Tidak mudah terbakar: Kayu merbau memiliki sifat yang tidak mudah terbakar sehingga aman digunakan di area yang rawan kebakaran.

Namun, decking lantai kayu merbau juga memiliki kekurangan:

  • Mahal: Harga decking lantai kayu merbau cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.
  • Perlu perawatan: Kayu merbau memerlukan perawatan tambahan agar tidak cepat rusak, seperti perlindungan dari air dan sinar matahari.

Menurut saya, decking lantai kayu merbau cocok digunakan untuk area luar seperti teras, balkon, atau taman. Warna coklat kemerahan yang menarik dan sifat tahan lama akan menambah kesan elegan dan mewah pada area luar rumah Anda. Namun, jika Anda ingin menggunakan decking lantai kayu merbau di dalam rumah, pastikan Anda siap untuk mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dan memperhatikan perawatan yang diperlukan.

Decking Lantai Kayu Kempas

Decking lantai kayu kempas adalah sebuah lantai yang terbuat dari kayu kempas. Kayu kempas sendiri merupakan jenis kayu yang diperoleh dari pohon kempas yang tumbuh di negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Kelebihan dari decking lantai kayu kempas adalah bahwa kayu kempas memiliki tekstur yang halus dan warna yang kaya, sehingga akan memberikan kesan elegan dan mewah pada lantai. Selain itu, kayu kempas juga memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca dan serangan hama, sehingga lantai akan tetap awet dan tahan lama.

Kekurangan dari decking lantai kayu kempas adalah bahwa kayu kempas memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Selain itu, kayu kempas juga memerlukan perawatan yang cukup kerap agar tetap terlihat indah dan awet.

Menurut saya, decking lantai kayu kempas cocok digunakan untuk lantai dalam rumah atau bangunan yang bergaya mewah dan elegan. Selain itu, decking lantai kayu kempas juga cocok digunakan untuk lantai teras atau taman, karena kayu kempas memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca ekstrem.

Jadi, jika kamu ingin memiliki lantai yang elegan dan mewah, decking lantai kayu kempas bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan harga dan perawatan yang dibutuhkan agar lantai tetap terlihat indah dan awet.

Decking Kayu Keruing

Decking lantai kayu keruing adalah jenis lantai kayu yang terbuat dari kayu keruing. Kayu keruing ini merupakan jenis kayu yang diperoleh dari pohon keruing yang tumbuh di hutan-hutan tropis.

Kelebihan dari decking lantai kayu keruing adalah kayunya yang kuat dan tahan lama. Kayu keruing ini juga tahan terhadap perubahan cuaca seperti hujan, panas, dan dingin. Selain itu, decking lantai kayu keruing juga mudah dalam perawatannya. Cukup dibersihkan dengan air dan sabun, lantai ini akan terlihat seperti baru lagi.

Nah, tapi ada juga kekurangannya loh. Salah satunya adalah harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis lantai kayu lainnya. Selain itu, kayu keruing juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk proses pembuatannya.

Menurut saya, decking lantai kayu keruing cocok untuk digunakan di luar ruangan seperti teras, balkon, atau area kolam renang. Lantai ini juga cocok untuk digunakan di area yang sering digunakan seperti halaman depan atau area parkir. Karena kayunya yang kuat dan tahan lama, decking lantai kayu keruing ini akan tetap terlihat indah meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dengan beragam pilihan jenis decking lantai kayu yang tersedia, Anda dapat menemukan opsi yang sesuai dengan budget dan preferensi estetika Anda. Penting untuk mempertimbangkan faktor kualitas, ketahanan, dan keamanan ketika memilih jenis decking lantai kayu untuk proyek Anda. Semoga informasi ini membantu Anda dalam menentukan pilihan yang tepat.