Peluang Usaha Jasa Angkut & Pindahan Di Jogja

- Kategori Jasa Ditulis masarif - Permalink

Usaha jasa pindahan menjanjikan lantaran semakin banyak orang tak mau repot saat mau pindahan rumah atau kantor. Empat tahun terakhir, jasa pindahan profesional makin marak. Sebagian besar pasarnya adalah kalangan menengah atas.

Jogja sebagai kota pelajar, kota budaya, kota wisata. Aneka pergerakan penghuninya memerlukan layanan-layanan yang khas termasuk jasa angkut & pindahan

Untuk yang agak umum jasa pindahan kantor, rumah, ruko, dan apartemen, yang khas dari jogja missal jasa angkut untuk kalangan mahasiswa. Atau surveyor khusus yang membawa barang-barangnya untuk keperluan dilokasi

Potensi usaha jasa pindahan yang menyasar segmen menengah atas masih terbuka lebar. Sebab, di segmen ini, aktivitas tak sekadar mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain, melainkan juga memindahkan dan mengangkut barang dengan aman.

Banyak orang yang tidak mau direpotkan dengan urusan pindahan. Orang yang mau pindah itu mesti merapikan dan mengepak barang, lantas mengangkut dan menurunkan barang, selanjutnya merapikan kembali. Ini pekerjaan yang sangat melelahkan.

Jenis orang yang tidak mau repot ini biasanya menggunakan jasa pindahan full services. Dengan menggunakan jasa ini pengguna jasa tinggal terima beres dengan membayarkan uang jasa.

bahwa orang yang tidak mau repot dalam urusan pindahan semakin banyak. Dulu jasa ini hanya dimanfaatkan oleh konsumen kelas atas atau ekspatriat. Tapi, sejak empat tahun terakhir, segmen menengah mulai menggunakan jasa ini, saat ini mayoritas (70% –80%) pengguna jasa ini merupakan penghuni perumahan dan apartemen. Sisanya merupakan konsumen pindahan kantor atau instansi.

Medo, bagian administrasi gojasaangkut, mengatakan bahwa dalam seminggu, paling tidak pihaknya mendapatkan orderan pindahan 4-10x dari yg simple sampe yang berat. Omzetnya sekitar Rp 10 juta per minggu atau sekitar Rp 40 juta per bulan. “Biaya jasa ini terbilang cukup mahal. Risiko pekerjaan ini juga tinggi, yakni menghindari kerusakan barang. Selain itu, biaya kemasan atau material pengepakan juga mahal,” 

Persiapan usaha

Untuk membuka usaha jasa pindahan secara mandiri, modal yang Anda siapkan tidak terlalu besar. Semisal untuk menyiapkan armada; apakah kendaraan roda3 seperti tossa, pick-up, truck, mobile box. Ntah bisa dengan kerjasama dengan pemilik kendaraan dulu

pengepakan, transportasi, tenaga kerja, bongkar muat, dan penataan kembali di tempat tujuan.

Pengeluaran per bulan antara lain untuk belanja material atau kemasan yang nilainya sekitar 25% dari omzet setiap bulan. Material pengepakan barang itu antara ;

Belanja material kemasan barang cukup banyak karena semua itu disesuaikan dengan jenis barang yang akan dibungkus.

Misalnya, karton boks digunakan untuk mengepak pakaian, buku, file, kertas, barang pecah belah, dan barang-barang kecil lainnya supaya tidak tercecer. Wrapping paper atau kertas pembungkus digunakan sebagai penyekat antar-barang, biasanya untuk barang-barang pecah belah seperti piring, gelas, dekorasi kristal dan sejenisnya sebelum dimasukkan ke karton boks. selimut barang digunakan untuk membungkus barang-barang, seperti mebel dan sofa.

Dalam pekerjaan pengepakan, bubble pack berfungsi untuk melindungi barang-barang elektronik seperti televisi, komputer, kulkas dari lecet dan kerusakan akibat benturan atau gesekan. Semua itu dimanfaatkan untuk menghindari kerusakan seperti lecet pada barang saat dipindahkan.

Biaya tetap per bulan adalah gaji karyawan. Ntah karyawan tetap atau freelance. Tiap job pindahan memerlukan tenaga tambahan yang berbeda berdasar kebutuhan lapangan.

Biasakan staf Anda tidak menerima tip dalam bentuk apapun dari klien. Ini akan melatih mental staf dan memberikan kesan yang baik kepada klien. Besar tidaknya bisnis jasa seperti jasa pindahan rumah ini sangat ditentukan oleh kredibilitas. Anda bisa membangun kredibilitas dari hal-hal kecil seperti larangan menerima tip.

untuk menambah kredibilitas, meski sekedar jasa pindahan mungkin menggunakan seragam kerja.

juga untuk ada opsi keperluan pelanggan yang berbeda, misal

Promosi

Untuk promosi jasa pindahan cuku efektif memakai sarana online semisal grup2 facebook local jogja, grup2 usaha jogja, grup kost dan kontrakan, grup jual beli rumah. Dan akan lebih lengkap dnengan membuat website sendiri, ntah yg gratis dengan blogspot, wordpres maupun berbayar

Sementara itu, selain menggunakan media online, juga bisa menggunakan media offline seperti menempel brosur di ruang public, warung2, tempat kerja

Proses lapangan

Mengelola bisnis jasa tentunya membutuhkan perhatian serius pada pelayanan. Sebab bisnis jasa sangat berhubungan dengan relasi antara pengusaha dengan kliennya. Tidak terkecuali pada bisnis jasa pindahan. Karena itu, tips sukses mengelola bisnis jasa pindahan tidak jauh-jauh dari kualitas servis atau pelayanan yang meliputi:

Tepat waktu

Bisnis jasa pindahan harus mengutamakan ketepatan waktu. Jadi, staf dan semua perlengkapan untuk pengemasan dan pindahan harus tersedia tepat waktu. Plus, cara bekerja para pengemas barang juga harus efektif dan efisien sehingga proses pindahan bisa berjalan cepat dan lancar.Tentukan muatan

Dalam bisnis jasa pindah profesional, tarif dihitung berdasarkan volume barang atau muatan dengan menggunakan satuan per meter kubik (m³). Dalam penawaran layanan, sebaiknya Anda memberikan persyaratan minimal volume barang. Para pelaku jasa pindah biasanya mengenakan persyaratan minimal 10 m³ per order.

Sebelum mengerahkan tenaga kerja ke lokasi, sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu ke pemberi order. Tujuannya untuk menghitung bobot muatan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan armada apa yang digunakan dan jumlah tenaga kerja yang dikerahkan.

Hati-hati dan teliti

Bisnis jasa pindahan berurusan dengan barang klien yang harus diperlakukan dengan hati-hati. Pastikan staf usaha jasa pindahan Anda tidak ceroboh menjatuhkan barang, misalnya. Mereka juga harus mendapatkan pelatihan khusus mengenai cara mengemas barang dan cara mendata barang secara teliti dan efisien. Sehingga tidak ada barang yang tercecer dan hilang. Untuk meminimalkan risiko ini, Anda harus memberikan layanan asuransi sehingga klien pun cenderung lebih tenang berkat proteksi asuransi.

Transparan

Bisnis jasa memiliki komponen biaya yang relatif abstrak ketimbang produk retail. Karena itu, sejak awal tetapkan dengan jelas biaya-biaya apa saja yang akan ditagih kepada klien. Sehingga pelanggan Anda tidak merasa dibohongi karena merasa harus membayar biaya siluman. Biasakan memiliki customer log, atau catatan operasional yang dilakukan kepada konsumen.

Minta testimoni

Jangan ragu untuk meminta masukan dari klien, apakah itu berbentuk pujian ataupun kritikan. Bersikaplah terbuka atas masukan apapun sebab memperhatikan masukan konsumen merupakan cara bisnis yang sehat dan bisa membantu usaha makin berkembang. Gunakan masukan positif klien untuk memberi gambaran kepada calon klien yang akan menggunakan jasa pindahan Anda.

Opsi lain yang terkait

Saat Anda memulai usaha pindahan, Anda mungkin menemukan beberapa kendala lain. Misalnya, selama kemerosotan pasar perumahan, lebih sedikit orang yang pindah. Ada pilihan lain terkait, misal untuk memperluas ke jasa buang puing, buang rongsok; dalam perekonomian saat ini, orang lebih banyak berpartisipasi dalam acara seperti obral barang bekas dan perampingan untuk mengurangi biaya penyimpanan mereka. Banyak orang membutuhkan pick-up, kendaraan roda-3, dan bantuan bergerak hanya untuk membawa barang-barang yang tidak diinginkan ke tempat barang rongsokan, pasar loak

Tag: jasa angkut jogja, jasa pindahan jogja

« Mengenal Asuransi Kesehatan Prudential dan Manfaatnya Jasa konveksi Jateng | jaket, seragam kerja dll »