Perangkat Keras Input, Proses, Output serta Penyimpanan Komputer

Komputer yang kita gunakan sehari-hari untuk berbagai kebutuhan seperti pekerjaan, kebutuhan tugas, dan hal lainnya terdiri dari 2 komponen utama yang menyusunnya yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Pada kali ini saya akan membahas tentang perangkat keras pada sebuah komputer mulai dari pengertian, jenis, contoh dari perangkat keras tersebut serta fungsinya.

Pengertian perangkat keras (hardware) pada sebuah komputer adalah semua komponen/bagian dari sebuah komputer yang berbentuk fisik. Jadi perangkat keras itu harus ada bentuk fisik ya, sedangkan yang berupa data dan program (tidak berbentuk fisik) itu disebut dengan software.

Kita kali ini fokus membahas dengan hardware sebuah komputer dulu.

Perangkat keras komputer sendiri terdiri dari 4 jenis berdasarkan fungsi dan cara kerjanya masing-masing, yaitu ada:

Mungkin dari teman-teman masih belum begitu paham tentang ketiganya ada perbedaannya dan apa saja yang perangkat keras komputer input, proses dan output, kali ini saya akan membahasnya.

Perangkat Keras Masukan (Input) Komputer

Perangkan keras masukan (input) adalah perangkat keras yang berfungsi mengirimkan data atau perintah masukan dari pengguna untuk selanjutnya di proses oleh komputer. 

Perangkat input merupakan perangkat keras komputer yang bersentuhan secara langsung dengan pengguna.

Apa saja yang termasuk dalam perangkat input dalam sebuah komputer?

Mouse (pointer)

Untuk sebuah komputer jaman sekarang mouse adalah perangkat inputan penting yang wajib dan selalu ada dalam sebuah komputer.

Hal ini dikarekan sistem operasi komputer jaman sekarang yang sudah menggunakan basis GUI (Graphical User Interface), berbeda dengan generasi awal komputer yang mana sistem operasi masih berbasis Command Line Interface (CLI).

Fungsi mouse sendiri sebagai alat penunjuk atau alat untuk mengerakan pointer yang kita perlukan untuk dapat melakukan berbagai perintah dalam sistem operasi secara optimal, seperti membuka sebuah aplikasi.

Jika dulu mungkin fungsi mouse mungkin hanya sekedar untuk mengerakkan pointer, klik kri untuk melakukan pilihan, klik kanan untuk memilih opsi dan scroll. 

Sekarang ini mouse sudah berkembang terutama untuk jenis mouse gaming yang memiliki tambahan macro keys yang mana fungsinya bisa anda atur sesuai dengan kebutuhan anda.

Keyboard

Perangkat inputan kedua yang sering dan selalu ada dalam sebuah perangkat komputer adalah keyboard.

Fungsi keyboard sendiri adalah perangkat keras komputer yang digunakan sebagai alat untuk kita pengguna komputer dalam memberikan inputan data berupa huruf, angka, simbol dan tombol fungsi lainnya.

Selain bisa memberikan masukan berupa teks kita juga bisa melakukan perintah dan kontrol perangkat komputer kita melalui sebuah keyboard.

Touchpad

Touchpad in bisa dikatakan perangkat inputan bawaan yang bisa anda temui dalam perangkat notebook atau laptop. 

Secara fungsi touchpad sama seperti halnya mouse sebagai pointer untuk menjalankan fungsi ketika komputer di operasikan.

Perbedaanya tentunya secara fisik touchpad ini berupa area yang bisa disentuh oleh jari dan kita gunakan layaknya sebuah mouse.

Light Pen

Jika anda seorang grafik desainer, animator, ilustrator atau seseorang yang membutuhkan pekerjaan mengambar dalam sebuah komputer maka membutuhkan alat yang satu ini.

Dengan light pen ini anda dapat menggerakan cursor atau pointer lebih akurat, presisi dan anda sepert layaknya mengambar karena memang alat ini berupa pen jadi anda bisa lebih terbiasa ketika mengambar secara digital di sebuah komputer.

Light pen memilki cara kerja yang unik dengan sistem sensor cahayanya pada ujung pena mampu mendeteksi cahaya dan perubahan pixel dilayar komputer anda. Sehingga ketika light pen disentuhkan ke layar mampu mengirim sinyal dan mendeteksinya sebagai cursor perintah.

Light pen ini cukup presisi, sayangnya teknologi ini cukup lama dan hanya bisa digunakan pada layar monitor CRT (monitor tabung) yang mana sekarang ini sudah ditinggalkan.

Gamepad atau Joystick

Gamepad atau joystick anda mungkin yang terbiasa bermain game konsole sudah tidak asing dengan alat yang satu ini, nah alat ini juga digunakan pada perangkat komputer.

Fungsi gamepad atau joystick ini sebagai kendali dan mempermudah kita untuk bermain dalam sebuah game komputer. 

Karena gamepad atau joystick ini memang sudah dirancang untuk memudahkan pengguna dalam bermain game dan kita juga sudah terbiasa dengan inputan yang diberikan dibandingkan harus bermain game dengan keyboard ataupun mouse.

Barcode Scanner

Barcode atau kode batang adalah sebuah kode dalam bentuk garis dan kotak tebal vertical yang mana biasanya juga disertai dengan angka ataupun huruf.

Sedangkan barcode scanner ini merupakan alat yang digunakan untuk bisa mengindetifikasi informasi yang ada dalam sebuah barcode tersebut. Jadi dengan barcode scanner ini kita bisa memberikan inputan informasi dari barcode tersebut untuk bisa di proses dalam sebuah komputer.

Anda akan menemui alat ini pada minimarket, swalayan, mall atau toko-toko lainnya. Dengan alat ini toko tersebut bisa dengan cepat mengindentifikasi harga barang produk tersebut sehingga bisa memberikan pelayanan kasir yang lebih cepat dan akurat.

Untuk sekarang ini implementasi dan penggunaan barcode tidak hanya pada minimarket dan produk dagangannya saja tetapi juga merambah ke digital. 

Dengan barcode bisa memberikan informasi dengan cepat cukup dengan scan saja kode barcode tersebut.

Scanner

Fungsi scanner dalam perangkat keras komputer adalah memindai file-file dokumen berbentuk kertas (berbentuk fisik) bisa dokumen ataupun foto untuk bisa ditampilkan dan disimpan secara digital di dalam sebuah komputer.

Biasanya digunakan ketika kita membutuhkan file yang harus dikirimkan bentuk digitalnya ke internet, bisa untuk keperluan melamar pekerjaan secara online, mendaftar kuliah, dan hal lain yang membutuhkan file digital dari dokumen fisik yang kita miliki.

Scanner sendiri dipasaran ada yang berbentuk perangkat scanner tersendiri dan ada juga yang satu paket dengan perangkat printer.

Webcam

Webcam atau kependekan dar web camera merupakan perangkat keras inputan yang berfungsi sebagai kamera digital untuk sebuah perangkat komputer. 

Dengan webcam ini kita bisa melakukan foto maupun video di perangkat komputer yang sudah terhubung dengannya.

Implementasi pemakaiannya misal untuk kebutuhan video call ataulu teleconference (google meet, zoom, dll).

Untuk sebuah perangkat notebook atau laptop biasanya sudah disediakan webcam bawaan yang tertanam diatas layar, jadi anda tidak perlu menambahkan lagi alat yang satu ini kecuali kalau anda pengguna pc desktop.

Walaupun begitu webcam external sekarang ini juga menawarkan kualitas tangkapan gambar maupun video yang lebih baik sehingga bukan suatu hal yang salah jika anda membeli webcam untuk notebook atau laptop anda.

Mungkin anda seorang yang sering zoom meeting ataupun seorang streamer online yang memerlukan kualitas lebih.

Mikropon

Fungsi microphone adalah mengubah suara analog yang anda keluarkan menjadi suara digital yang bisa di proses dalam sebuah komputer atau bisa dikatakan menangkap suara anda untuk bisa di proses komputer.

Untuk anda pengguna komputer yang perlu video call atau conference maka selain webcam anda juga membutuhkan mikrophone.

Kecuali untuk pengguna notebook atau laptop yang sudah ada build-in microphonenya, namun anda tetap bisa membeli untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik.

Karena begitu banyak pilihan perangkat mikropon komputer berdasarkan harga dan spesifikasi yang diberikan.

Pen Tablet 

Secara fungsi alat ini sama seperti halnya light pen yaitu untuk mempermudah kita mengambar secara digital di komputer.

Perbedaannya mungkin dari cara kerjannya, jika light pen menggunakan sensor cahaya yang menangkap cahaya dari monitor maka pen tablet in berupa sebuah pen dan tablet sebagai landasan tempat menggambar.

Alat ini jauh lebih presisi dibandingkan light pen dan juga bisa digunakan untuk semua jenis perangkat tidak seperti light pen yang hanya mampu bekerja pada layar jenis tertentu.

Perangkat Keras Pemroses

Perangkat Keras Pemroses adalah perangkat keras komputer yang bertugas melakukan operasi pemrosesan dan pengolahan data yang berasal dari inputan pengguna (melalui perangkat keras input) dan menjadi sebuah hasil yang akan ditampilkan melalui perangkat keras output pada sebuah komputer.

Perangkat keras pemroses pada komputer terdiri dari berbagai komponen yang secara kerjanya saling terkait dan membutuhkan satu-sama lain untuk menyelesaikan sebuah tugas yang sedang dikerjakan.

Berikut yang termasuk dalam perangkat keras pemrosesan pada sebuah kompenen komputer.

CPU (Processor)

CPU kependekan dari Central Processing Unit atau kalau kita artikan kedalam bahasa indonesia bisa diartikan Unit Pemrosesan Pusat.

CPU sendiri bisa kita katakan sebagai otak atau inti dari sebuah komputer. Tugas utama CPU adalah melakukan segala perintah, intruksi dan segala perhitungan yang dibutuhkan dalam sebuah komputer.

CPU mengeksekusi berbagai intruksi dalam komputer seperti intruks dari program komputer, operasi aritmatka dasar, logika pengontrolan, dan input/outuput.

CPU terdiri dari komponen utama yang selalu ada dan memiki tugas masing-masing yang berbeda, berikut penjelasannya:

Unit Kontrol

Unit Control atau Control Unit (CU) merupakan salah satu bagian didalam cpu yang mempunyai tugas untuk memberikan arahan, kendali serta kontrol terhadap operasi yang sedang berlangsung di bagian ALU didalam CPU tersebut.Jadi bagian ini akan mengatur jalanannya aktifitas bagian lainnya pada CPU.

Arithemetic/Logic Unit (ALU)

Aritmatika logic unit bagian ini sesuai namanya bertugas untuk melakukan segala perhitungan aritmatika dan fungsi logika pada sebuah CPU.Aritmatka disini seperti menjalan operasi matematika seperti pejumlahan, pengurangan, penjumlahan, dll. Sedangkan fungsi logika pada komputer seperti logika AND, OR, NOT, XOR, dll.

Register

Register adalah sejumlah memori komputer berukuran kecil yang ada didalam CPU. Memor n memik kecepatan yang sangat tinggi sehingga digunakan untuk melakukan menyimpan intruksi dan ekseskusi program-program komputer yang sedang dijalankan CPU sebelum diproses lebih lanjut.

Motherboard

Motheboard adalah sebuah papan utama dalam sebuah komputer yang berfungsi sebagai tempat menghubungkan semua komponen perangkat keras komputer mulai dari CPU, GPU, Memory, Disk, dan berbagai perangkat i/o lainnya agar bisa saling berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain menjadi satu kesatuan yang dinamakan komputer.

Motherboard ini bisa dikatakan komponen utama dan harus ada dalam sebuah komputer.

GPU (Graphical Processing Unit)

GPU adalah chip logika yang dibuat khusus untuk menjalankan berbagai fungsi grafis pada sebuah kompunen komputer. Tugas dari GPU seperti melakukan rendering pada gambar, anmasi, video dan hal lain yang berkaitkan dengan grafis pada komputer.

GPU ini bisa dikatakan Processor yang memiliki tugas dan kemampuan khusus untuk mengolah grafis.

GPU sekarang ini terdiri dari 2 jenis pertama Integrated GPU dan Dedicated GPU.

Integrated GPU ini merupakan GPU yang sudah ada dan terinteragrasi dalam CPU, sebagai contoh Intel HD. Jadi GPU Integrated ini sudah ada didalam CPU dan tidak memiliki tampilan fisik sendiri.

Sedangkan Dedicated GPU memiliki fisik tersendiri. Perbedaannya tentunya dari segi komputasi GPU Dedicated mampu menangani berbagai tugas rendering grafis yang lebih berat dan komplek.

Untuk anda para konten kreator yang perlu proses rendering grafis berat, gamer, streamer, dll yang memerlukan pemroses grafis tingkat lanjut perlu GPU Dedicated untuk performa yang lebih baik dan lancar.

Power Supply (PSU)

Power supply perangkat keras komputer ini termasuk ke dalam perangkat pemroses karena tugasnya yang memproses arus listrik bolak-balk (AC) ke alur listrik searah (DC) yang sesuai dengan kebutuhan perangkat komputer.

Selain itu merubah arus sesuai yang dibutuhkan, power supply sesuai namanya juga memberikan kebutuhan aliran listrik untuk setiap komponen komputer sesuai yang diminta.

Misal GPU minta 100 watt maka power supply akan memberikan sesuai kebutuhannya.

Power supply ini ibarat jantung pada tubuh manusia yang bertugas mengalirkan darah ke seluruh organ tubuh. Untuk itu penting untuk mempertimbangkan kualitas dari power supply yang anda gunakan sebelum merakit sebuah komputer.

CD/DVD ROM

CD / DVD ROM adalah perangkat yang mempunyai fungsi agar komputer kita dapat membaca dan menulis dalam sebuah CD / DVD.

Walaupun teknologi CD / DVD sudah jadul dan mulai ditinggalkan namun terkadang beberapa orang masih menggunakan ini, untuk itu diperlukan CD/DVD ROM agar komputer kita bisa membaca dan menuliskan data didalamnnya.

Perangkat Keras Keluaran (Output)

Perangkat keras keluaran (output) adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi menampilkan hasil dari pengolahan komputer kita sehingga kita bisa melihat hasilnya secara langsung.

Apa saja yang termasuk perangkat output dalam sebuah komputer?

Monitor

Monitor yap perangkat ini bisa dikatakan perangkat yang wajib ada dalam sebuah komputer untuk kita dapat mengoperasikan.

Fungsi monitor sendiri adalah untuk memberikan tampilan visual dari komputer yang sedang kita gun akan baik dalam bentuk teks, gambar, video ataupun bentuk visual lainnya.

Berdasarkan jenis panel dan teknologinya monitor sekarang ini ada 3 jenis, yaitu:

Monitor CRT (Monitor Tabung

Monitor CRT atau monitor tabung biasa kita menyebutnya secara teknologi yang digunakan memang menggunakan tabung sindar katode untuk mampu memberikan tampilan visual kepada pengguna.Monitor ini sudah ditinggalkan untuk jaman sekarang karena banyaknya kekurangan.

Monitor LCD

Monitor LCD (Liquid Crystal Display) sesuai namanya monitor ini menggunakan teknologi kristal air pada layar monitor untuk menampilkan visual di monitor.Tampilan yang muncul pada monitor LCD berasal dari susunan kristal air dengan jumlah sangat banyak dan  lampu neon putih yang menerangi.Secara harga relatif terjangkau dan kualitas jauh lebih baik dibandingkan dengan monitor tabung tentunya.

Monitor LED

Monitor LED (Light Emiting Diode) bisa dikatakan jenis monitor in pengembangan dari monitor LCD yang tentunya secara harga masuk masuk ke kelas yang lebih premium.Penerangan (backlight) dari layar LED berasal dari Light Emiting Diode yang lebih hemat listrik. Selain hemat listrik monitor LED juga mampu memberikan warna, contras, serta sudut pandang yang lebih baik minim distorsi ketika menatap monitor ini dari berbagai sudut karena memang panel dan backlight lebih dekat.

Printer

Printer adalah perangkat keras output yang berfungsi untuk menampilkan dokumen (teks) ataupun gambar (grafis) menjadi bentuk fisik cetakan fisik.

Umumnya perangkat in digunakan pada kantor-kantor, sekolah, ataupun seorang pelajar untuk mencetak dokumen yang mereka butuhkan.

Printer sendiri ada berbagai jenis berdasarkan jenis dan fungsinya masing-masing.

Printer dot matrik

Printer ini bisa dikatakan printer lama karena cara kerjanya hampir mirip dengan mesin ketik, dimana untuk menjadi hasil ke dalam kertas menggunakan alat pengetuk berupa pita serta jarum besi.Karena ini merupakan printer jenis lama banyak sekali kekurangan seperti resolusi cetakan yang rendah dan berisik (karena sistem kerjannya yang menggunakan ketukan), kemampuan mencetak gambar kurang baik (tidak rapat) serta lambat dalam proses printing.

Printer Inkjet

Printer jenis ini paling umum dan sering digunakan jaman sekarang. Selain lebih baik dari segi kualitas dibanding dot matrik (baik dari segi hasil, kecepatan, serta kebingan). Harga printer inkjet juga relatif terjangkau untuk masyarakat.Cara kerja printer inkjet sendiri menyalurkan tinta melalui alat yang bernama catridge dam saat kertas ditarik masuk (proses printing) catridge akan menyemprokan tinta ke kertas untuk mencetak hasil. Catridge akan bergerak ke kanan dan kekiri untuk mencetak hasil keseluruhan.

Printer Laser Jet

Printer ini bisa dikatakan kelas yang lebih mahal karena memang teknologi dan keunggulannya lebih dari kedua jenis printer yang sudah saya sebutkan.Printer laser jet sesuai dengan namanya menggunakan teknologi laser untuk mencetak dimana laser ini akan menggunakan diode cahaya untuk mendapatkan partikel kecil toner dari catridge ke dalam kertas.Printer laser jet menggunakan tinta serbu berbeda dengan printer inkjet yang masih menggunakan tinta berupa cairan.Kelebihannya adalah kecepatan printing yang cepat, kualitas cetakan tinggi, hasil cetakan tidak mengalami luntur (blobor) karena tintanya yang menggunakan serbuk serta biayanya lebih murah untuk kebutuhan tinta.

Speaker

Speaker pada komputer berfungsi untuk mengubah sinyal elektrik ke dalam bentuk frekuensi audio (suara) melalui komponen pengetar yang ada di dalamnnya sehingga kita bisa mendengar melalui telingga kita.Speaker ini bisa dikatakan salah satu alat untuk kita bisa mendengarkan keluaran suara dari komputer kita.

Proyektor

Proyektor adalah sebuah alat yang digunakan untuk menampilkan video,gambar, teks, atau tampilan visual komputer kita melalui sebuah cahaya yang dipantulkan melalui sebuah layar atau sebuah permukaan seperti tembok.

Proyektor ini bisa dikatakan monitor besar yang menggunakan sistem cahaya pemancar, umumnya ditemukan di sekolah-sekolah, kantor-kantor, dan tempat yang membutuhkan banyak orang untuk secara bersama, biasanya digunakan pada proses presentasi.

Plotter

Plotter perangkat keras ini mempunyai fungsi yang sama seperti printer untuk mencetak hasil dari komputer kita kedalam media cetak yang lebih besar. Jika printer ada batasan ukuran yang bisa dicetak maka plotter ini ditujukan untuk mencetak dalam ukuran yang besar yang tidak bisa dilakukan oleh printer.

Perangkat Keras Penyimpanan

Perangkat keras penyimpanan adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan data dalam komputer agar data tersebut dapat digunakan dan diakses saat komputer kita membutuhkannya.

Perangkat keras penyimpanan sendiri dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan sifat penyimpanannya yaitu bersifat volatif (sementara) dan non volatile (permanen).

Volatile Memori

Volatile merupakan jenis penyimpanan pada komputer yang bersifat sementara atau tidak permanen dimana data yang disimpan akan hilang pada saat komputer dimatikan atau kehilangan daya.

Contoh penyimpanan komputer yang bersifat volatile adalah:

RAM

RAM kependekan dari Random Access Memori merupakan memori penyimpanan data sementara dari komputer, RAM berfungsi untuk penyimpanan sementara saat proses menjalani fungsi sistem operasi dan program aplkasi yang sedang aktif digunakan.

Jadi data tersebut disimpan didalam RAM agar dapat diakses dengan cepat ketika kita menggunakannya.

Sebelum disimpan didalam RAM file sistem operasi dan program aplikasi umumnya di simpan dalam penyimpanan biasa (HDD/SSD) ketika file tersebut diproses atau sedang aktif maka akan dipindahkan ke dalam RAM untuk mendapatkan akses lebih cepat.

Ketika aplikasi tersebut ditutup maka file-file aplikasi tersebut akan dibersihkan.

Semakin besar kapasitas RAM maka komputer akan bisa membuka banyak aplikasi (multitasking).

Perkembangan RAM mulai dari DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 hingga sekarang DDR5 peningkatan generasi tentunya membawa peningkatan kecepatan baca/tulis, efisiensi daya, dan kapasitas maksimalnnya.

Non Volatile Memori

Non Volatle kebalikan dari volatile yang artinya non volatile adalah jenis memori komputer yang dapat menyimpan data komputer bahkan saat komputer mati atau kehilangan daya. Komputer dapat mengakses data pada hardware non volatile kapanpun dibutuhkannya.

Hardisk

Hardisk merupakan perangkat penyimpanan yang banyak kita temui pada komputer yang ada saat ini. Ya hardisk memang menawarkan harga yang relatif murah dan juga memberikan kasitas penyimpanan yang besar, walaupun begitu dengan kekurang  baca/tulis relatif lambat dan rawan rusak karena sistem kerjannya.

Sistem kerja hardisk menggunakan piringan magnetic didalamnnya dimana saat proses read/write terjadi perputaran disk dengan motor dan data akan dibaca melalui bagian head (itu secara singkatnya).

Fungsi hardisk sebagai tempat penyimpanan data sistem operasi, program aplikasi dan berbagai file yang kita simpan pada komputer seperti gambar, foto, video, dll.

Hardisk termasuk non volatile karena walaupun dimatikan dayanya file dan data kita tetap ada dan bisa diakses lagi nantinya.

SSD

Solid state drive (SSD) ini bisa dikatakan teknologi penyimapan terbaru untuk sebuah komputer, lebih baik dibandingkan hardisk.

Untuk komputer dan laptop keluaran jaman sekarang sudah mulai beralih ke penyimpanan yang satu ini.

Hal ini tidak bisa dipungkiri karena dari segi kecepatan baca tulis jauh lebih cepat SSD sehingga komputer bisa berjalan lebih lancar. SSD sata dengan kecepatan paling rendah (dibanding tipe SSD lain saja) memiki kecepatan 10x lebih cepat dibanding SSD.Selain itu SSD juga lebih awet karena mekanisme kerjanya yang berbeda dengan Hardisk.

Pabrikan SSD sendiri minimal memberikan 3 tahun garansi dan bahkan ada yang sampai 10 tahun dimana ini tidak bisa anda temui pada hardisk.

SSD ini menggunakan memori berbasis flash dan tidak menggunakan komponen magnetic dan bergerak seperti Hardisk hal ini yang membuatnya lebih cepat dan awet.

Kekurangannya mungkin dengan harga yang sama anda mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibandingkan HDD.

CD/DVD

CD / VCD / DVD adalah perangkat penyimpanan portabel yang berupa cakram optik digital untuk menyimpanan. Perbedaan diantaranya untuk sekedar teman-teman ketahui.CD sendiri ada jenisnya berdasarkan perkembangan teknologi dan fungsinya masing-masing.CD sendiri ada 4 jenis yaitu VCD, SVCD, DVD, dan Mini DVD.

  • VCD kependekan dari Video Compact Disk ini merupakan jenis CD yang ditujukan untuk menyimpan file video dan audio didalamnnya.
  • SVCD kependekan dari Super Video Compact Disk, kata super ini untuk peningkatan pada kualitas video atau audio yan g bisa disimpannya dibandingkan VCD.
  • DVD kependekan dar Digital Versatile Disk ini merupakan CD yang lebih fleksibel mampu menyimpan berbagai jenis file termasuk file program aplikasi, ini yang biasa anak rental game jaman dulu pakai. Secara kapitas cukup besar rata-rata DVD berkapasitas 4,7 GB jauh lebih besar dibanding VCD,SVCD yang masih diangka 650 MB.
  • MiniDVD ini merupakan CD berukuran lebih kecil (secara fisik) biasanya anda mendapat ini untuk driver software. Ukurannya lebih kecil, mampu menyimpan berbagai jenis file seperti DVD, tetapi ukurannya sama seperti CD maksimal di 650 MB.

Flashdisk

Flashdisk bisa kita katakan media penyimpanan kecil dan portabel yang biasa kita gunakan untuk menyimpan dan menyalin data dari satu perangkat komputer ke komputer lainnya.

Flashdisk ini termasuk dalam penyimpanan eksternal dan menggunakan port usb untuk bisa terhubung ke komputer.

Kita biasa gunakan untuk menyimpan tugas sekolah, pekerjaan, atau pada saat kita ingin mencetak file di rental printel.Kecil, mudah dibawa, dan mudah penggunaannya tinggal colok saja.

Mungkin itu dulu pembahasan dari saya tentang perangkat keras (hardware) komputer mulai dari perangkat keras input, proses, output serta perangkat keras penyimpanan sudah saya jelaskan beserta contohnya. Jika ada kekurangan dan kesalahan mohon dikoreksi, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan jika dirasa artikel ini bermanfaat bisa share ke sosial media kalian.