Perbedaan Lantai Kayu Decking dengan Parket

Desain rumah yang menggunakan lantai decking kayu dan parket kayu tentunya akan memberikan kesan elegan dan mewah pada rumah tersebut. Kayu sebagai bahan dasar lantai memiliki keunikan tersendiri yang dapat menambah kesan alami dan hangat pada rumah. Selain itu, kayu juga memiliki kemampuan untuk menyerap suhu sehingga lantai kayu akan terasa lebih dingin dibandingkan dengan lantai keramik atau marmer.

Lantai decking kayu merupakan pilihan yang tepat untuk area luar rumah seperti teras, balkon, atau taman. Decking kayu memiliki tekstur yang tidak licin sehingga lebih aman digunakan saat basah atau licin. Selain itu, decking kayu juga mudah dibersihkan dan tahan lama.

Sedangkan untuk area dalam rumah, parket kayu merupakan pilihan yang tepat. Parket kayu memiliki tampilan yang lebih halus dan lembut dibandingkan dengan decking kayu. Parket kayu juga dapat dibersihkan dengan mudah dan tahan lama.

Desain rumah yang menggabungkan lantai decking kayu dan parket kayu akan memberikan kesan yang harmonis dan menyatu. Penggabungan kedua jenis lantai kayu ini akan menambah nilai estetika pada rumah dan membuat rumah terasa lebih hangat dan nyaman.

Mengenal Lantai Decking Kayu dan Parket Kayu

Lantai Decking Kayu

Lantai decking kayu adalah jenis lantai yang terbuat dari kayu yang digunakan untuk lantai teras, balkon, atau tempat relaksasi di luar ruangan.

Nah, kenapa sih kayaknya banyak banget orang yang pilih lantai decking kayu ini? Salah satu keunggulannya adalah tampilannya yang natural dan elegan. Selain itu, lantai decking kayu juga tahan lama dan mudah dalam perawatannya.

Tapi, segala sesuatu pasti punya kekurangan juga kan? Lantai decking kayu memang cukup mahal harganya dibandingkan dengan lantai lainnya. Selain itu, lantai ini juga rentan terkena kerusakan akibat cuaca ekstrim seperti hujan atau panas.

Nah, kalau kamu mau punya lantai decking kayu di rumah, kamu harus siapin duit sekitar Rp. 100.000 - Rp. 200.000 per meter persegi.

Desain rumah yang cocok untuk lantai decking kayu adalah rumah dengan gaya minimalis atau natural. Tapi, kamu juga bisa kok aplikasikan lantai ini di rumah dengan gaya lain, asal kamu bisa kreatif dalam mengkombinasikannya.

Overall, lantai decking kayu ini cocok banget buat kamu yang suka sama tampilan alami dan elegan di rumah. Tapi, jangan lupa untuk siapin duit dan jaga lantai ini dari kerusakan ya.

Lantai Parket Kayu

Lantai parket kayu adalah jenis lantai yang terbuat dari kayu yang diolah dan digabungkan menjadi satu. Lantai ini sangat populer digunakan di rumah karena memiliki keunggulan yang cukup banyak.

Keunggulan pertama dari lantai parket kayu adalah tampilannya yang elegan dan mewah. Kayu memiliki warna alami yang indah dan tekstur yang halus, sehingga lantai parket kayu akan memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan.

Selain itu, lantai parket kayu juga memiliki keunggulan dari segi ketahanan. Kayu memiliki sifat yang kuat dan tahan lama, sehingga lantai parket kayu juga akan tahan lama dan tidak mudah rusak.

Namun, lantai parket kayu juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dari lantai parket kayu adalah harganya yang cukup mahal. Kayu yang digunakan untuk lantai parket kayu adalah kayu yang berkualitas tinggi, sehingga harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan lantai lain.

Lantai parket kayu juga cocok untuk desain rumah yang modern dan mewah. Lantai ini akan sangat cocok digunakan di ruangan seperti living room, dining room, atau master bedroom.

Overall, lantai parket kayu adalah pilihan yang bagus untuk rumahmu kalau kamu ingin tampilan yang elegan dan mewah. Namun, kamu harus siap untuk mengeluarkan budget yang cukup besar untuk membeli lantai ini.

Cara Membedakan Kedua Jenis Lantai Decking dan Parket Kayu

Pernah nggak sih kalian bingung kalau lihat lantai kayu yang ada di rumah atau di tempat lain tapi bingung mau bilang apa? Tenang aja, kita akan bahas cara membedainya yang gampang banget.
  1. Pertama, kita harus tau dulu apa itu lantai kayu decking dan parket. Lantai kayu decking adalah lantai kayu yang digunakan untuk lantai luar seperti teras, balkon, atau taman. Sementara itu, lantai kayu parket adalah lantai kayu yang digunakan untuk lantai dalam seperti di ruang tamu, kamar tidur, atau ruang kerja.
  2. Kedua, perhatikan warna lantai kayunya. Lantai kayu decking biasanya memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan lantai kayu parket. Hal ini karena lantai kayu decking diperlakukan dengan cat atau lapisan pelindung untuk melindungi dari panas matahari atau hujan.
  3. Ketiga, perhatikan tekstur lantai kayunya. Lantai kayu decking memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan lantai kayu parket. Hal ini karena lantai kayu decking diperlakukan dengan cat atau lapisan pelindung untuk melindungi dari panas matahari atau hujan.
  4. Keempat, perhatikan ukuran lantai kayunya. Lantai kayu decking biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan lantai kayu parket. Hal ini karena lantai kayu decking digunakan untuk luasan yang lebih besar seperti teras atau taman.
Nah, itu dia cara membedakan lantai kayu decking dan parket yang gampang banget. Jadi, sekarang kalian sudah tau kan perbedaan antara keduanya?