Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Kita tahu bahwa motor adalah jenis kendaraan pribadi yang paling banyak digunakan di Indonesia, terutama motor matic yang sekarang ini begitu banyak penggunannya. 

Mulai dari kalangan anak muda hingga orang tua lebih prefer membeli sebuah motor matic untuk kendaraan sehari-hari. Selain muda dalam penggunaannya, motor matic juga sangat cocok dengan kondisi jalanan yang ada di Indonesia.

Dimana kondisi jalan kita bisa dikatakan cukup ramai dan sering terjadi kemacetan yang cukup sering. Motor matic memberikan kemudahan dalam penggunaan stop and go karena kita tidak perlu melakukan transmisi gigi secara manual.

Sebagai pengguna jenis motor matic tentunya kita harus pintar dalam penggunaan dan perawatannnya, salah satu hal yang penting dan wajib anda perhatikan agar kondisi mesin motor matic anda tetap baik dan prima dari waktu ke waktu adalah oli motor.

Mengganti oli mesin secara rutin untuk setiap batas km yang dianjurkan pabrikan adalah hal yang penting.

Mungkin buat teman-teman yang belum tahu seberapa pentingnya oli dalam sebuah kendaraan motor baik, berikut penjelasan dari saya.

Contents

Fungsi Oli Motor yang Perlu Anda Ketahui

Oli dalam sebuah motor (baik matic maupun manual) berfungsi sebagai pelumas dalam sistem kerja mesin motor. Fungsi utamanya sendiri untuk melindungi komponen-komponen dalam mesin motor kita dari gesekan yang terjadi ketika komponen didalam mesin tersebut berkerja.

Oli yang bersifat cair ini akan masuk dan melumasi setiap celah dalam komponen mesin yang bergerak agar tidak terjadi gesekan yang mengakibatkan kerusakan pada mesin motor.

Selain untuk melindungi dan melumasi komponen mesin yang bergerak dari gesekan. 

Oli motor juga memiliki fungsi lain untuk membantu mendinginankan mesin motor, cara kerjanya sebagai media untuk menyalurkan panas dari dalam mesin ke luar mesin. Jadi disini oli juga bertugas mengurangi suhu panas yang terjadi dalam mesin.

Membersihkan sisa kotoran pada mesin motor. Perlu kita ketahui bahwa dalam pembakaran mesin motor itu akan menghasilkan sisa kotoran, dan kotoran ini akan dibawa bersama oli motor tentunya untuk menjaga mesin tetap bersih lakukan penggantian oli secara rutin.

Bicara tentang motor matic oli mesin yang digunakan juga berbeda dengan motor manual ataupun motor sport. Ada jenis oli dari pabrikan yang memang dirancang khusus untuk dapat bekerja optimal dalam mesin matic.

Back to Content ↑

Apa sih yang membuat oli motor matic itu berbeda?

Mungkin sekilas anda oli motor matic dan manual tidak terlihat perbedaannya secara fisik. Perbedaannya yang mungkin bisa anda perhatikan adalah pada tingkat kekentalan oli tersebut. Oli untuk mesin motor matic memiliki tingkat kekentalan yang lebih rendah atau lebih encer.

Selain itu secara fungsi oli motor matic juga ada perbedaan dimana oli pada motor manual ini hanya bertugas melumasi bagian mesin dan transmisi, sedangkan oli mesin motor matic bertujuan melumasi bagian mesin saja karena sistem transmisinya yang terpisah.

Perbedaan yang bisa anda temui ketika ingin mengetahui oli tersebut untuk mesin motor matic atau manual ada pada kode JASO yang terdapat 2 jenis JASO MA (transmisi manual yang mana didalam kandungan oli ada kandungkan zat aditif yang berfungsi untuk menghindari selip kopling) dan JASO MB (untu motor matic/transmisi otomatis didalam ditambahkan kandungan aditif untuk fungsi lebih mencegah gesekan pada bagian engine).

Jadi kalau mau beli atau memilih oli untuk motor matic ada pastikan terdapat kode JASO MB. 

FYI saja JASO (Japan Automobile Standar Organization) bisa dikatakan lembaga dari jepang untuk mengecek standar kualitas suatu oli. Jika oli terdapat label ini artinya oli tersebut sudah memenuhi standar kualitas oli untuk motor. 

Seperti yang kita ketahui pabrikan motor terutama di Indonesia bisa dikatakan hampir keseluruhaan berasal dari negara Jepang so sertifiasi JASO ini cukup penting untuk anda perhatikan.

Melihat segala hal tadi mungkin cukup rumit dan memusingkan ketika orang awan yang mana tidak begitu mengikuti tentang permesinan motor matic. Ya saya rasa lebih banyak yang kurang tahu tentang oli mesin motor matic ini.

Kita sebagai konsumen tentunya hanya ingin pakai oli yang terbaik yang ada dipasaran yang bisa membuat tarikan mesin jadi enteng, mesin lebih dingin, kondisi mesin terjaga dan terakhir kalau bisa yang tahan lama secara performa jadi gak perlu boros untuk sering-sering ganti oli (bisa berhematlah).

Nah untuk itu saya ada rekomendasi oli untuk mesin motor matic anda. Tentunya yang terbaik dari segi performa mesin, durabilitas mesin, dan durabilitas pemakaian oli tersebut.

Jawabannya adalah Oli X-Ten Matic.

Back to Content ↑

Oli X-Ten: Terbaik dan Tahan Lama

Saya dengan tidak ragu sama sekali untuk merekomendasikan Oli X-Ten untuk oli motor matic kesayangan anda. 

Mungkin ini beberapa alasan kenapa saya merekomendasikan oli X-Ten sebagai oli motor matic terbaik di Indonesia, berikut penjelasannya.

Kelebihan Oli X-Ten Dibanding yang Lain

Apa saja kelebihan dari oli yang satu ini hingga saya merekomendasikannya untuk motor matic kesayangan anda!

Olinya Tahan Lama


Jika kita membaca beberapa artikel dan mungkin mengacu pada buku panduan pabrikan motor, merekomendasikan untuk mengganti oli mesin secara rutin setiap 2000-3000km.

Bahkan dalam kenyataannya dilapangan terkadang oli-oli dari brand lain belum mencapai batas km yang dilalui sudah mengalami berbagai permasalahan seperti suara mesin yang sudah terasa kasar, mesin cepat panas, tarikan tidak terasa semantap saat awal ganti oli, dan terkadang oli sudah menyusut cukup drastis.

Kita sebagai pengguna tentunya juga cukup was-was jika berpatokan 2000 - 3000 km tapi keadaan motor sudah tidak nyaman dan takutnya malah merusak mesin motor kita. Jadi mau gak mau kadang baru 1000km sudah ganti oli, ini tentunya bisa jadi permasalahan tersendiri dari segi dompet.

Oli X-Ten ini bisa dikatakan oli yang cukup istimewa karena mampu bertahan hingga 5000 km untuk oli motor dan 15.000 km untuk oli mobil. Jadi oli X-Ten ini juga ada untuk mobil (namun fokus kita akan bahas oli motor dulu).

Kenapa perbedaan daya tahannya cukup jauh 2x dari oli merk lain.

Hal ini bukan melebih-melebihkan, oli X-Ten ini bisa lebih tahan lama dari oli biasa (minim penguapan) karena adanya berbedaan pada bahan dasar oli X-Ten.

Oli X-ten mengandung bahan yang Ester yang membuat oli X-Ten mampu bertahan lebih lama dan tentunya tetap prima.

Mungkin beberapa sobat rider motor belum begitu mengenal tentang oli Ester.

Bicara tentang oli motor mungkin anda sudah tahu tentang oli mineral, oli semi synthentic dan oli full synthetic. Ini selain menunjukan bahan dasar yang digunakan juga menunjukan kualitas yang diberikan. Oli synthentic tentunya yang terbaik karena memiliki residu yang minim.

Namun 3 jenis bahan tadi mungkin yang sering terdengar untuk anda yang masih awan tentang dunia oli dan permesinan motor. Secara kualitas ada yang masih diatas oli synthetic yaitu Ester yang mana digunakan pada bahan dasar oli X-Ten.

Buat teman-teman yang belum tahu oli Ester ini biasa digunakan untuk kebutuhan balap dimana kondisi mesin selalu dalam rpm tinggi yang membutuhkan suhu yang stabil.

Karena biasa digunakan pada kondisi mesin rpm tinggi oli berbahan Ester ini memiliki kemampuan melindungi mesin yang lebih baik karena memang ditujukan untuk pelumas pada mesin rpm tinggi yang mana bisa menekan tingkat keausan mesin untuk penggunaan jangka panjang sampai minimal bahkan sampai 0%.

Selain itu suhu juga lebih terjaga karena bahan Ester mampu mendinginkan lebih baik (ya karena oli motor balap dipakai motor harian tentunya sangat amat aman sekalipun penggunaan motor anda cukup ekstrem). Justru pada kondisi mesin yang tinggi malah semakin nikmat tarikannya.

Untuk keawetan juga lebih tahan lama dipandingkan oli full synthetic sekalipun (minim terjadi penguapan) makannya X-Ten ini bisa bertahan 2-3x lebih lama dibanding oli merk lainnya.

Entengnya Tahan Lama

Standar waktu yang umumnya digunakan untuk menentukan kapan kita harus menganti oli motor matic kita seharusnya adalah klaim km dari pabrikan oli tersebut. Ya dipasaran kebanyakan brand 2000 - 3000 km harus sudah menganti oli mesin motor kita.

Namun pengalaman dilapangan berkata lain, biasanya sebelum mencapai km tersebut ktia meresakan penurunan performa dari motor kita.

Seperti tarikan baik diawal ataupun top speednya yang terasa kurang bertenaga, suara mesin sudah tidak sehalus saat pertama ganti oli (saat awal pengantian), dan juga terasa panas.

Walaupun secara volume oli mungkin masih aman dipertahanan hingga batas km namun performa tidak bisa bohong yang membuat kenyamanan berkendara kita menjadi kurang maksimal.

Oli X-Ten ini berbeda tentunya karena tadi yang saya sebutkan menggunakan bahan Ester yang merupakan kelas tertinggi untuk bahan dasar sebuah oli. 

Dengan bahan Ester yang terkandung pada oli X-Ten tarikan mesin akan tetap enteng sampai batas masa pakainya juga anda tidak perlu meragukan masalah oli akan habis karena memang oli X-Ten berbahan Ester ini lebih tahan terhadap panas sehingga performa mesin tetap prima saat panas dan tidak cepat menguap (kalau anda motor nyebutnya gak vampir oli X-Ten ini)

Oli vampir ini istilah untuk brand oli yang cepat sekali menguap dan ketika menganti sudah mengalami penyusutan jumlah yang cukup signifikan padahal masih dalam batas pemakaian yang dianjurkan dari pabrikan oli.

Bikin Mesin Tetap Terjaga dan Tahan Lama

Bicara tentang motor matic maka kita bicara kendara yang kita pakai sehari-hari untuk mengantarkan kita ke berbagai tempat mungkin untuk pekerjaan, dan hal lainnya.

Ada yang spesial dalam kandungan oli X-Ten yaitu pada Ester pada oli X-Ten mampu memproteksi mesin dari gesekan yang terjadi akibat sisa pembakaran. Hasilnya tentunya mesin jadi lebih dingin dan adem karena gesekan bisa diminimalkan, mesin juga tetap bersih, bertenaga dan juga lebih hemat bbm.

Untuk pemakaian jangka panjang motor yang rutin menggunakan oli X-Ten memiliki tingkat keausan mesin yang jauh lebih sedikit dibandingan dengan menggunakan oli merk lain, tingkat keausan mesin untuk jangka panjang hanya 5-10% saja ini karena kandungan ESTER pada oli X-Ten.

Karena kualitasnya oli X-Ten ini sudah dipercaya lebih jutaan orang sudah lebih dari 1,7 juta orang telah menggunakan oli X-Ten. Termasuk para ojek online yang memang secara kondisi motor butuh oli motor yang terbaik karena memang kebutuhan berkendara yang cukup tinggi dan intens.

Ojol (ojek online) seperti yang diketahui harus seharian berada dijalan, puluan bahkan ratusan km bisa dilalui setiap hari, dengan kondisi beban motor yang cukup terisi dengan driver dan penumpang (kondisi pemakaian harian yang berat). Oli X-Ten ini terbukti lebih tahan lama entengnya, gak perlu cepat-cepat ganti oli (2x pemakaian oli biasa), dan tentunya sangat baik untuk menjaga kondisi mesin.

Oli X-Ten juga sudah memiliki sertifikasi untuk memastikan oli X-Ten ini memang benar-benar berkualitas seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) dan JASO (Japanese Automotive Standar Organization).

Mungkin disini anda sudah mulai ingin beralih dan mencoba oli X-Ten untuk motor matic kesayangan anda, nah berikut ada beberapa pilihan oli X-Ten untuk skuter matic anda. Setiap produk oli X-Ten disesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan pengguna tentunya.

Back to Content ↑

Lini Produk Oli X-Ten

Untuk oli X-Ten ada beberapa produk oli untuk motor matic, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi mesin motor matic yang ada di Indonesia ada tinggal memilih sesuai anjuran tingkat viskositas (kekentalan) dari pabrikan montor anda.

X-TEN 10W-30 Matic

Sesuai dengan namanya oli ini memiliki tingkat kekentalan (viskositas) SAE 10W-30 ini biasanya digunakan pada motor matic keluaran honda seperti untuk honda beat, vario, dll. Intinya oli cocok untuk motor yang memang secara pabrikan membutuhkan tingkat kekentalan 10W-30.

Secara spesifikasi oli X-Ten ini mengandung Ester yang merupakan kandungan tertinggi dan terbaik dari semua jenis bahan oli lainnya.

Oli ini mampu bertahan lebih lama bisa untuk pemakaian kurang lebih 5000 km atau 2x lipat dibanding oli merk lain dengan performa yang tetap prima dan terjaga.

Spesifikasi
ViskositasSAE 10W-30
SertifikasiJASO MB / API SL
Isi800 ml
Kode SNI7069:2:2012

X-TEN XT-40 Matic

Oli ini secara spesifikasi memiliki tingkat kekentalan yang lebih kental di angka 10W-40, perbedaan angka dibelakang artinya tingkat kekentalan oli ketika mesin tersebut dalam kondisi suhu tinggi atau sedang beroperasi.

Ya untuk pemilihannya tentunya di sesuaikan dengan anjuran dari pabrikan motor matic anda. 

Secara kandungan dan komposisi oli X-Ten XT-40 ini kurang lebih sama dengan X-Ten 10W-30 kandungan Ester yang sangat baik untuk untuk melindungi mesin, mendinginkan mesin, dan benefit lainnya bisa anda dapatkan perbedaannya hanya pada kekentalan oli yang mana disesuaikan dengan kebutuhan mesin motor matic anda.

Spesifikasi
ViskositasSAE 10W-40
SertifikasiJASO MB / API SL
Isi800 ml
Kode SNI7069:2:2012

X-TEN Max Super Matic


Oli ini memiliki viskonsitas SAE 10W-40 dengan sertifikasi JASO MB / API SL. Oli ini memiliki kapasitas 1 lt. 

Sesuai namanya yang super matic, oli ini memang dirancang khusus untuk kendaraan matic yang super atau dapat diartikan motor matic kelas atas dengan cc motor yang lebih tinggi atau sport matic (motor matic 150 cc keatas cocok menggunakan ini). Karena menggunakan diformulasikan khusus untuk memberikan performa lebih.

Yang anda rasakan akselerasi dan engine power lebih baik, mesin lebih bersih dan awet, memberikan lapisan film yang sangat baik mampu masuk ke dalam celah terkecil sehingga mesin tetap terproteksi dan prima pada suhu dan rpm tinggi.

Spesifikasi
ViskositasSAE 10W-40
SertifikasiJASO MB / API SL
Isi1000 ml
Kode SNI7069:2:2012

X-TEN Double Ester Matic 10W30

Oli X-Ten Double Ester ini bisa dikatakan lini kelas atas dari oli X-Ten yang mana memberikan kualitas yang lebih baik dan tahan lama dibanding yang biasa.

Perbedaannya pada kandungan Ester yang terkandung pada oli ini ini, sesuai namanya yang Double Ester memang secara komposisi memberikan kandungan Ester yang lebih banyak dan ini akan membawa benefit yang lebih baik lagi tentunya.

Ketika motor terasa tarikannya berkurang itu biasanya sinyal bagi kita sebagai pengendara bahwa memang sudah waktunya untuk menganti oli.

Namun tahukan kamu kenapa motor matic kita bisa terasa berkurang performanya seiring waktu dari pengantian oli dan juga kenapa oli tersebut bisa terus berkurang secara volume.

Jadi oli ini lebih tahan terhadap proses oksidasi yang terjadi karena penggunaan motor makanya umur oli bisa lebih awet.

Oli ini cocok untuk motor matic mulai dari cc rendah hingga 150 cc tentunya anda harus menyesuaikan tingkat viskositas oli yang diperlukan mesin motor matic anda.

Spesifikasi
ViskositasSAE 10W-30
SertifikasiJASO MB / API SN
Isi800 ml
NPTKESDM RI XC002E1104010519

X-TEN Double Ester Matic 10W40

X-Ten Double Ester Matic 10W-40 ini sama secara kelas dan kualitas dengan X-Ten Double Ester 10w-30 perbedaannya hanya pada tingkat kentalan oli.

Kita sebagai pengendara motor matic tinggal memilih dan menyesuaikan dengan anjuran tingkat viskositas dari pabrikan motor.

Kandungan Double Ester dan zat adiftif tambahan membuat oli Double Ester ini memberikan tarikan enteng yang lebih tahan lama, melindungi mesin dari gesekan lebih baik, membuat mesin lebih awet dan minim penguapan sehingga mampu bertahan lama hingga pemakaian 7.500 km.

Tingkat kekentalan yang lebih ini biasanya cocok untuk motor matic ber-cc tinggi ataupun matic sport yang mana rpm mesin lebih tinggi sehingga suhu mesin lebih tinggi so penggunaan oli ini akan lebih cocok untuk lebih pastinya teman-teman bisa baca buku manual motor matic kesayangan sobat sesuaikan tingkat viskonsitas oli sesuai kebutuhan mesin ya sob.

Spesifikasi
ViskositasSAE 10W-30
SertifikasiJASO MB / API SN
Isi800 ml
NPTKESDM RI XC002E1104010519

Selain lini produk untuk oli mesin, oli X-Ten juga tersedia oli gardan untuk melumasi gear pada mesin motor matic anda.

Back to Content ↑

Fungsi Oli Gardan pada Motor Matic

Mungkin tidak semua sobat tahu tentang fungsi dari oli gardan dan perbedaannya dengan oli mesin. 

Oli gear atau oli gardan atau juga orang menyebutnya oli transmisi dibutuhkan pada motor matic untuk melumasi komponen yang ada pada trasmisi (gear) motor matic.

Jadi kalau oli mesin untuk melumasi komponen pada mesin motor sedangkan oli gardan pada gear dan oli gardan ini cuma dibutuhkan pada motor matic ya sob.

Secara fungsi oli gardan ada 3 hal, yaitu:

  1. Fungsi pertama dari oli gardan adalah melumasi komponen yang bergerak pada gear dan bearing agar tidak terjadi gesekan yang membuatnya cepat aus/rusak.

  2. Kedua berfungi sebagai lapisan pelindung untuk gear dan bearing agar terhindar dari korosi atau karat dimana karat bisa menyebabkan cepat aus dan rusak tentunya.
  3. Ketiga untuk meredam gedaran dan suara yang ada pada komponen transmisi gear motor matic anda, sehingga suara motor bisa lebih halus lagi.

Untuk hasil yang terbaik tentunya saya juga merekomendasikan menggunakan kedua produk dari oli X-Ten untuk motor matic anda baik oli mesin maupun oli gardan.

X-Ten Oli Gear Matic

Sama seperti oli untuk mesin dari X-Ten, oli gear matic X-Ten ini juga menggunakan bahan Ester yang secara kualitas memang ada pada grade yang tinggi bahkan diatas oli syntetis.

Satu botol oli gardan ini memiliki kapasitas isi 120 ml untuk penggunaan super matic biasanya membutuhkan 2 botol oli gardan karena memang secara kapasitas tangki oli gear lebih besar.

Untuk waktu penggantian oli gardan agar optimal adalah 2x ganti oli mesin adalah waktu yang tepat untuk menganti oli gardan dengan yang baru agar performanya tetap terjaga dan mampu melindungi gear dengan baik.

Mungkin sekarang anda sudah tertarik dan memutuskan untuk menggunakan oli X-Ten untuk mesin motor matic anda? pertanyaan selanjut dimana saya bisa mendapatkan oli X-Ten ini?

Back to Content ↑

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Oli X-Ten?

Untuk bisa mendapatkan oli X-Ten baik oli mesin maupun gardan anda bisa datang langsung ke Planet Ban dan Mobeng. Ini karena oli X-Ten ini menggunakan sistem direct to consumer jadi untuk bisa mendapatkan oli X-Ten bisa anda temukan di 2 tempat tersebut. 

Tentunya hal ini bukanlah suatu masalah karena kita tahu begitu banyak cabang Planet Ban dan Mobeng di berbagai kota di seluruh Indonesia. Di kecamatan saya tinggal Purwodadi, Grobogan Jawa Tengah sendiri sudah bisa menemui 2 tempat Planet Ban terdekat dengan tempat saya tinggal padahal saya tinggal didaerah yang bisa dikatakan desa.

Dengan sistem direct to consumer ini anda bisa mendapatkan harga terbaik dan memastikan produk yang anda gunakan memang asli dan kualitasnya terjaga.

Untuk biaya pergantian oli juga cepat dan gratis ya sob jadi bisa menghemat kantong kita.

Back to Content ↑

Ya mungkin itu dulu dari saya tentang rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia, menurut saya terbaik memang dari segi kualitas bahan yang digunakan, dari segi hasil memuaskan, tahan lama, serta bisa anda dapatkan dengan mudah dan terjamin kualitas dan keasliannya. Terakhir yang paling penting dari segi harga juga sangat bersahabat dengan kantong orang Indonesia.

Jika anda punya pengalaman menarik setelah menggunakan Oli X-Ten untuk motor matic anda bisa tulis komentar dibawah ya sob!