Spesifikasi Komputer/Laptop Untuk Desain Grafis Profesional (Windows)

Desain grafis sekarang ini begitu banyak dibutuhkan oleh kalangan masyarakat. Sebagai contoh hampir setiap saat dan setiap tempat kita melihat berbagai hal yang memanfaatkan desain grafis dalam kehidupan nyata. Sebagai contoh desain kemasan, baliho, desain undangan, desain pamflet dan masih banyak lagi

Hal ini membuat seseorang yang bisa mendesain begitu banyak dicari, baik yang bekerja secara full time di sebuah kantor atau perusahaan atau yang part-time sebagai freelancer di internet

Itulah kenapa juga sekolah desain grafis baik SMK maupun Kuliah dengan jurusan DKV banyak diminati. Selain itu mungkin saja anda juga suka dan passion dengan hal-hal yang berbau desain.

Untuk bisa terjun ke dunia desain grafis dan menjadi seorang desain grafis profesional ataupun baru ingin memulai belajar untuk menjadi desain grafis maka alat yang harus dipunyai pertama adalah sebuah komputer (laptop maupun pc desktop).

Nah kali ini saya ingin memberikan sedikit rekomendasi tentang spesifikasi komputer atau laptop untuk digunakan desain grafis agar tentunya teman-teman yang mungkin masih awan tentang spesifikasi laptop atau komputer baru yang sesuai dan bisa menjalan berbagai aplikasi untuk desain grafis.

Rekomendasi Spesifikasi Komputer atau Laptop Untuk Desain Grafis

Komputer atau Laptop?

Untuk hal ini kembali lagi kepada kebutuhan anda apakah anda orang yang mobile atau tidak. Laptop dan komputer mempunyai kelebihan, kekurangan, dan fungsinya masing-masing.

Laptop tentunya lebih mobile secara penggunaan anda bisa mengerjakan desain dimanapun anda berada, ada baterai yang bisa membantu anda ketika ingin bekerja ketika listrik padam (komputer perlu tambahan UPS relatif mahal).

Komputer desktop mempunyai spesifikasi yang lebih baik dan cepat dibanding laptop dengan kelas harga yang sama, processor ataupun gpunya lebih kencang dibandingkan laptop karena tidak ada limitasi daya ataupun panas, opsi upgrade kedepan lebih banyak (laptop hanya bisa RAM dan Storage, sedangkan komputer rakitan hampir semua komponen bisa kita updagrade), Kekurangannya tentunya tidak bisa dibawa kemana-mana.

Itu jika anda harus memilih salah satu dari keduannya. Terbaik jika anda punya keduannya bukan? karena secara fungsinya cukup berbeda untuk kondisi tertentu. Kadang anda ingin bekerja dirumah/kantor saja (stay) dan terkadang ingin bekerja diluar.

Spesifikasi Teknis Komputer/Laptop untuk Keperluan Desain Grafis Profesional

Processor

PC Desktop: 2 Core 4 Thread atau lebih kencang.

Laptop: 4 core 4 Thread atau lebih kencang.

Untuk processor baik kubu Intel ataupun AMD sekarang ini keduanya sama-sama baiknya, saya tidak ragu merekomendasikan keduanya untuk digunakan dalam komputer desain grafis.

Jika anda berminat merakit atau membeli komputer desktop maka rekomendasi saya secara spesifikasi adalah memiliki 2 core dan 4 thread. Hal ini bisa anda temui pada Intel Pentium Gold (generasi terbaru) atau AMD Athlon Gold (generasi terbaru) atau kalau ngambil processor seri lama bisa di dapat di Intel Core i3.

Sedangkan untuk laptop saya merekomendasi jumlah core yang lebih banyak dengan 4 core 4 thread hal ini dikarekan secara clock speed (kecepatan) processor lebih lambat dibandingkan pc desktop karena memang limitasi daya dan panas yang bisa dihandle sebuah laptop.

Karena secara core dan speed processor laptop lebih lambat dibanding desktop maka untuk nyamannya anda bisa dinaikan jumlah corenya. Dengan spesifikasi minimal 4 core 4 thread ini bisa anda temukan di laptop keluaran terbaru dengan processor Intel Core i3 (generasi terbaru) ataupun AMD Ryzen 3.

Dengan spesifikasi diatas sudah lebih dari cukup untuk mampu menjalankan berbagai program aplikasi yang digunakan untuk membuat desain mulai dari Corel Draw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan berbagai aplikasi pengolah grafis lainnya.

GPU

  • Integrated GPU atau Entry Level Dedicated GPU

Untuk anda yang berbudget minim dan ingin membeli laptop atau merakit komputer untuk desain grafis saya rasa dengan Integrated GPU atau GPU bawaan dari processor sudah cukup apalagi jika processor yang anda gunakan merupakan seri terbaru yang memiliki iGPU yang lumayan kencang dan cukup untuk kebutuhan aplikasi desain.

Namun jika anda punya budget lebih tidak ada salahnya menambahkan GPU dedicated untuk komputer atau kalau laptop cari yang ada GPU dedicated misal dari NVIDIA atau AMD Radeon.

Untuk GPU tidak perlu seri yang atas untuk terlalu overkill untuk komputer dengan tujuan desain, kecuali anda ingin bermain game atau rendering video. 

Kembali lagi kepada budget dan kebutuhan anda dalam merakit pc atau membeli sebuah laptop apakah anda fokus pada desain atau butuh hal lebih dari sebuah komputer tersebut.

RAM

  • Minimal 8 GB 
  • Rekomendasi: 16 GB (dual channel)

Untuk kapasitas RAM saya untuk laptop / komputer desktop kebutuhan desain grafis di tahun 2022 dan kedepan 8 GB adalah batas minimal untuk bisa bekerja dengan nyaman dan aman dari not responding.

Laptop atau komputer dengan RAM 4 GB saya rasa terlalu kecil dan tidak cukup untuk kebutuhan desain sekarang apalagi sekarang ini sistem operasi seperti Windows cukup memakan resource RAM.

Dengan RAM 8 GB anda juga bisa dengan lancar menggunakan sistem operasi terbaru seperti Windows 10 atau Windows 11 dan menggunakan program aplikas desain terbaru di tahun ini.

Melihat system requirement dari aplikasi desain grafis Adobe Ilustrator dan Adobe Photoshop terbaru yang mensyaratkan minimal RAM 8 GB atau direkomendasikan 16 GB. 

Selain itu agar performanya lebih baik lagi perhatikan juga konfigurasi RAM, lebih baik menggunakan konfigurasi dual channel 2 x 4 GB (8 GB) dibanding 1 x 8 GB, kalau 16 GB RAM maka konfigurasinya 2 x 16 GB.

Dengan konfigurasi dual channel RAM performa tentunya lebih responsif dan kemampuan grafis dari Integrated GPU (GPU bawaan processor) bisa lebih maksimal.

Untuk laptop mungkin anda bisa membeli laptop dengan RAM 8 GB dari pabrikan atau bisa upgrade sendiri dengan menambahkan RAM lagi untuk kenyamanan saat penggunaan.

Storage

  • Minimal: Harus Menggunakan SSD

Untuk penyimpanan komputer ataupun laptop yang ingin anda beli atau rakit minimal harus menggunakan SSD baik itu SSD SATA atau NVME. 

Karena memang SSD menawarkan performa baca/tulis yang jauh lebih cepat dibanding Hardisk, yang membuat komputer/laptop anda lebih cepat membuka aplikasi, responsif dan terhindar dari masalah lag atau not responding akibat storage yang lambat.

Minimal harus ada 128 GB SSD, kalau dirasa kecil dan budget anda sedikit bisa dengan kombinasi HDD. Jadi pastikan SSD digunakan untuk system operasi dan program aplikasi (local disk c) dan Hardisk bisa untuk drive lain untuk menyimpan file besar yang anda simpan.

Kalau ada budget lebih ya bisa ambil yang full SSD NVME karena memang SSD NVME kelas atas untuk SSD dan lebih cepat dibanding SSD SATA. 

Sebagai perbandingan HDD 7200 RPM (paling kencang) rata-rata memiliki read/write diangka >100 MBps, SSD SATA (SSD paling murah) rata-rata read/write 500 MBps, sedangankan SSD NVME paling lambat sendiri bisa rata-rata mendapat 3 GBps.

Sistem Operasi

  • Minimal: Windows 10 64 bit

Untuk sistem operasi sebenarnya anda mau gunakan windows versi 8.1, 8 atau 7 sekalipun masih bisa menjalankan berbagai program aplikasi untuk keperluan desain asalkan menggunakan OS versi 64-bit.

Namun kenapa saya merekomendasikan windows versi 10 atau lebih baru ini berkaitan dengan update sistem operasi dan keamanan yang di support.

Windows 8 sudah tidak lama lagi akan di support update dan patch keamanannya akan berakhir pada tahun 2023. Untuk komputer/laptop yang akan dibeli / rakit ditahun 2022 sangat kurang rekomendasi jika menggunakan windows 8 ini karena usianya tinggal 1 tahun.

Takutnya jika tidak mendapatkan update lagi akan muncul masalah seperti bugs dan keamanan yang rentan. Jadi lebih baik menggunakan OS yang masih berumur panjang seperti Windows 10 atau Windows 11 sekalian.

Perangkat Pheriperal Lainnya Untuk Desain Grafis yang Anda Perlukan

Monitor

Dalam dunia desain grafis kita akan bermain dengan yang namanya warna, pemilihan warna menjadi suatu hal yang penting dalam dunia desain.

Kita sebagai manusia yang mengoperasikan komputer melihat hasil visual dan warna desain kita di komputer melalui yang namanya monitor atau layar lcd.

Untuk itu untuk sebuah komputer/laptop dengan tujuan pekerjaan desain profesional kita perlu sebuah monitor/layar laptop dengan tingkat akurasi warna yang baik.

Tujuannya agar apa yang kita desain dan lihat dilayar itu secara hasil akan sama warnanya jika dilihat di layar lainnya atau dicetak sekalipun.

Untuk layar minimal sudah memiliki tingkat akurasi warna 100% sRGB atau kalau mau lebih baik lagi bisa mengambil yang 100% DCI-PC dengan color gamut yang lebih luas lagi tentunya akan lebih baik untuk keperluan desain.

Resolusi layar saya rasa Full HD minimal untuk monitor keperluan desain di tahun 2022 ini.

Untuk luas layar saya rasa kembali lagi ke budget anda masing-masing, layar yang lebih besar tentunya lebih nyaman karena area workspace menjadi lebih besar juga.

Mouse

Mouse sangat penting untuk alat utama yang harus ada ketika anda ingin mendesain di sebuah komputer ataupun laptop.

Walaupun anda mengunakan laptop yang sudah ada touchpad tapi untuk mendesain akan lebih mudah dan nyaman menggunakan sebuah mouse.

Untuk mouse sendiri saya rasa akan lebih nyaman jika anda tidak menggunakan mouse yang terlalu murah karena secara biasaya kurang nyaman digunakan, tidak presisi, kurang responsif dan secara keawetan juga kurang.

Anda bisa menaruh budget lebih untuk membeli sebuah mouse untuk kebutuhan desain grafis anda. 

Untuk jenisnya baik mouse kabel maupun wireless sama saja, tapi mungkin mouse kabel lebih responsif minim delay dibandingkan wireless, kecuali anda membeli mouse wireless kelas atas.

Pen Tablet

Pen tablet alat ini penting anda miliki dan saya rasa hampir semua profesional dibidang desain grafis memiliki alat yang satu ini.

Alat ini berupa pen dan table sebagai alat anda menggambar seperti layaknya mengambar didalam kertas tapi untuk desain grafis di komputer anda.

Pen tablet ini berfungsi layaknya sebuah mouse tapi dengan feel layaknya sebuah pen dan mengambar dikertas jadi kita bisa lebih presisi dan mengunakan kemampuan mengambar tangan kita dalam sebuah komputer.

Print dan Scanner

Kebutuhan akan print dan scanning cukup penting untuk seorang desain grafis professional. Dengan print kita bisa memberikan gambaran jika desain tersebut dicetak mulai dari warna ataupun bentuknya misal kebutuhan desain packaging.

Klien akan meminta atau membutuhkan desain mockup dalam bentuk cetak terkadang. 

Sedangkan untuk scanner juga dibutuhkan jika anda membutuhkan gambar dari bentuk kertas untuk dimasukan ke dalam bentuk digital ke dalam komputer. Mungkin anda yang perlu gambar-gambar secara langsung dikertas dan hasilnya bisa di tracing di aplikasi desain.

Untuk print dan scanner ini dipasaran banyak yang sudah sepaket dan harganya cukup terjangkau yang dibawah 1 jutaan cukup banyak dipasaran.

Dengan spesifikasi diatas yang sudah saya sebutkan sudah lebih dari cukup untuk keperluan desain profesional sekarang ataupun kedepannya, karena memang secara teknis aplikasi desain pada komputer tidak seberat aplikasi untuk editing ataupun 3D desain. 

Namun jika anda ada kebutuhan lainnya dan ingin membeli komputer atau laptop kelas harga diataspun tidak ada salahnya. Sebagai pekerjaan yang menggunakan komputer maka membeli komputer kelas high end merupakan investasi anda kedepan sebagai alat kerja anda untuk menghasilkan cuan tentunya.

Jika ada pertanyaan seputar komputer atau laptop untuk desain grafis bisa drop komentar dibawah ini ya.