Tips Mendapatkan Pinjaman Saat Kepepet Dana

Saat sedang kepepet butuh dana, besar kemungkinan yang pertama terpikir adalah meminjam dari keluarga. Memang, ini cara yang paling cepat untuk dilakukan, tapi bukan berarti akan lancar-lancar saja.

Paling buruk adalah keluarga Anda tidak bisa meminjamkan karena alasan-alasan tertentu, dan itu sering kali bisa membuat kita kecewa. Tapi ya, itu adalah hak keluarga kita, kita tidak bisa memaksakan juga.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara lain yang juga cepat dan efisien disaat kita membutuhkan dana. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda tempuh tergantung situasi dan kondisi Anda.

1. Jika Anda Punya Jaminan Untuk Digadaikan

Jaminan yang dimaksud disini adalah seperti BPKB mobil, motor, truk, pickup atau juga bentuk jaminan lain sepert sertifikat hak milik atau bangungan dan tanah.

Pada umumnya, bank dan lembaga keuangan lainnya menerima model jaminan tersebut guna bisa meminjamkan dana untuk Anda.

Misalnya, perusahaan multifinance seperti BFI Finance, Adira Finance atau lainnya, mereka menerima pinjaman dalam bentuk gadai BPKB mobil dan motor.

Anda bisa meminjam dengan jumlah nominal paling maksimal sampai 75%-85% dari harga OTR mobil Anda. Harga OTR akan ditentukan oleh tiap-tiap perusahaan pinjaman.

Tapi sebagai gambaran, misalnya mobil Anda dengan harga OTR sekarang - yang pasti ini adalah harga OTR mobil bekas - adalah Rp 120.000.000, maka Anda bisa mendapat pinjaman maksimal sekitar Rp 90-96 juta. 

Sedangkan jika jaminan Anda berupa motor, maka biasanya Anda bisa meminjam maksimal sampai 65%-75% dari harga motor Anda, tergantung dimana Anda mengajukannya.

Jadi, jika memang Anda punya jaminan, Anda punya pilihan untuk menggunakannya sebagai jaminan pinjaman Anda, selain dari hanya meminjam pada keluarga.

Berapa lama biasanya proses pengajuan sampai pencairan akan terjadi? Biasanya, ini tergantung dari cepat lambatnya Anda memasukkan berkas pengajuan seperti misalnya data-data diri dan data-data jaminan Anda.

Pinjaman dengan jaminan BPKB mobil khususnya sudah mulai banyak dikenal sekarang ini karena perusahaan-perusahaan finance yang memiliki layanan ini sudah sering berpromosi dan beriklan baik di media sosial maupun melalui layanan iklan lainnya.

2. Jika Anda Tidak Punya Jaminan

Jika tidak punya, maka Anda bisa manfaatkan layanan pinjaman online tanpa jaminan ataupun juta KTA yang disediakan oleh bank-bank di Indonesia.

Untuk pinjaman online sendiri, pastikan Anda meminjam hanya di layanan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keungan agar Anda aman dan tidak terbeban bunga yang terlalu tinggi.

Hanya saja, biasanya pinjaman online ini pada umumnya tidak bisa meminjamkan lebih dari 5-10 juta Rupiah. 

Dilain pihak, KTA yang tersedia pada bank bisa menyediakan pinjaman diatas 10 juta bahkan diatas 100 juta, tentunya dengan persyaratan yang lebih ketat.

Penuhi Tanggung Jawab Anda Dalam Membayar

Berbeda dengan pinjaman ke keluarga yang terkadang kita bisa molor pembayarannya, kalau Anda pinjam di perusahan peminjaman, Anda harus bayar tepat waktu agar history pembayaran Anda yang tercatat di BI Checking akan tetap bagus. Jika jelek, maka dikemudian hari akan sangat sulit bagi Anda untuk disetujui kembali saat mengajukan pinjaman.

Demikian tips-tipsnya untuk mendapatkan dana pada saat Anda kepepet butuh uang.