Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Naik Bus

28/11/2022 - Posted in Wisata by masarif - Permalink

Gobus - Mabuk ketika dalam perjalanan bisa terjadi kepada siapa saja tidak hanya kepada anak-anak tetapi juga remaja juga orang dewasa. Walaupun memang semakin bertambahnya usia dan mungkin karena sudah terbiasa juga dengan perjalanan jauh rasa mabuk perjalanan bisa berkurang dan hilang dengan sendirinya.

Namun begitu ada juga yang masih mengalami mabuk perjalanan ketika sedang naik bus. Jika mengedarai mobil, kereta atau kendaraan umumnya lainnya tidak begitu terasa. Tapi ketika menaiki bus rasa mabuk perjalanan begitu terasa, mungkin karena masi teringat aroma khas dari kendaraan bus,dll.

Kali ini saya akan berbagi tips untuk anda yang masih mengalami mabuk perjalanan ketika harus naik bus, karena tentunya ada kondisi dimana kita mau tidak mau harus mengendari kendaraan bus untuk perjalanan jauh untuk tuntutan pekerjaan, liburan, atau pulang kampung.

Berikut tips agar anda tidak mabuk selama perjalanan naik bus anda lakukan.

Sebelum Perjalanan Hindari Makan Terlalu Kenyang

Ketika ingin melakukan perjalanan jau dengan bus memang penting untuk kita sebelum berangkat makan untuk mengisi perut tapi ingat seperlunya saja jangan sampai anda terlalu kenyang sebelum berangkat bepergian naik bus. 

Jika perut terlalu kenyang anda akan teras lebih mual dan pusing akibat guncangan yang terjadi didalam bus saat sedang dalam perjalanan.

Minum Obat Untuk Mabuk Perjalanan

Obat untuk mengatasi mabuk perjalanan sangat penting untuk anda minum untuk anda yang sering mengalami mabuk perjalanan. Ini cukup efektif dan terbukti bisa meringankan gejala mabuk perjalanan, anda mungkin bisa melakukan perjalanan dengan aman selama perjalanan tanpa mengalami mabuk perjalanan.

Ikuti anjuran cara pemakaian obat seperti meminumnya beberapa menit/jam sebelum naik kendaraan dan lakukan minum ulang setiap beberapa jam sesuai anjuran yang tertera pada obat tersebut.

Pilih Tempat Duduk yang Tepat Didalam Bus

Pemilihan tepat duduk akan berpengaruh terhadap rasa mual dan mabuk anda selama perjalanan didalam bus. Posisi duduk yang berada tepat diatas roda ban bus tercendurung kurang nyaman dan bisa membuat mabuk perjalanan anda semakin parah karena goncangan bus selama perjalanan akan sangat terasa pada posisi ini.

Sebaiknya untuk anda yang sering mabuk ketika dalam perjalanan bus pilihnya tempat duduk yang berada dibarisan depan semakin didepan semakin baik. Karena jika duduk didepan anda bisa juga melihat langsung jalanan didepan sehingga bisa mengurangi efek pusing dan mual yang terjadi.

Hindari Membaca Buku Atau Bermain Ponsel yang Terlalu Lama

Yang perlu anda ketahui bahwa membaca buku dan bermain ponsel atau aktifitas yang harus menyita perhatian mata anda selama perjalanan membuat anda lebih terasa mual dan mabuk selama perjalanan di bus, terutama untuk anda yang sering mabuk perjalanan.

Hal ini bisa terjadi karena mata kita terfokus pada satu titik, sedangkan tubuh berusaha menyeimbangan posisi karena guncangan selama perjalanan. Akan terjadi ketidak selerasan antara badan dan mata hal ini yang memunculkan rasa mual dan pusing.

Hindari Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Mabuk Perjalanan

Anda juga perlu memperhatikan makanan serta minuman yang anda bawa dan akan makan selama perjalana didalam bus. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan rasa mual ketika dalam perjalanan.

Untuk minuman anda bisa menghindari minum berkabonasi (soda) dan minuman seperti susu yang hanya akan menambah rasa mual selama perjalanan. Untuk makanan seperti gorengan, makanan dari daging-dagingan yang berlemak, serta keju juga bisa menyebabkan rasa mual saat perjalanan jadi wajib anda hindari.

Sediakan Hal Ini Untuk Antisipasi Anda Mabuk

Ketika semua hal yang sudah saya sebutkan diatas anda lakukan bukan berarti anda aman terkadang rasa mual masih bisa datang. Untuk antisipasi saja anda perlu membawa hal-hal berikut ini seperti: aroma terapi (seperti minyak kayu putih), permen yang menyegarkan seperti rasa mint, obat herbal seperti tolak angin juga bisa anda bawa.

Rekomendasi Bacaan: Bus Rosalia Indah

Anda bisa gunakan ketika anda merasa mual dan pusing. Permen mint dan obat herbal seperti tolak angin bisa membantu menyegarkan mulut dan mengurangi rasa mual dan kembung yang terjadi saat ini. 

Yang terakhir anda mungkin bisa berpikir lebih senang dan bahagia selama perjalanan, nikmati perjalanan anda dengan melihat sekitar dengan perasaan senang perjalanan jauh anda akan tidak terasa dan anda tidak akan merasakan rasa mabuk selama perjalanan. Selanjutnya anda mungkin perlu membiasakan diri sampai benar-benar rasa mabuk perjalanan hilang.

Itu dia mungkin beberapa tips yang bisa saya sharing untuk menghilangkan rasa mabuk perjalanan ketika anda harus naik bus untuk perjalanan jauh, semoga bermanfaat.