Whatsapp Disadap? Mungkin Ini Penyebabnya

Virtex WA - Setiap mendengar kasus seseorang berada di lingkungan saya mengalami kasus whatsapp-nya disadap saya menjadi orang yang tidak percaya dan itu kalaupun terjadi karena kebodohan atau bahasa halusnya kelalain sendiri dari penggunannya.

Bukan hanya kasus akun sosial media/chatting platform yang disadap, saya juga termasuk orang yang tidak percaya kalau ada suatu akun teman saya dihack atau segala macamnya.

Itu semua pasti karena kesalahan/kebodohan/kelalaian pengguna itu sendiri.

Disini saya bukan berarti tidak percaya adanya hacker dan kawan-kawannya, yang saya tidak percaya adanya kasus akun dihack atau disadap sedangkan, anda sebagai pemiliknya bukan siapa-siapa (orang penting bukan, artis bukan).

Hacker tidak akan tertarik dengan akun anda, karena secara value 0. Kecuali anda pebisnis, pejabat, atau orang penting yang informasi dan akun anda sangat berharga dan bisa dijual.

Kembali ke topik utama, lalu bagaimana bisa akun whatsapp saya disadap. Yang biasanya terjadi dilingkungan sekitar (circle teman kita) ya kita tahu dia juga bukan orang penting dan biasanya yang dituduh atau asumsikan melalukan pacar atau mantan.

Emang pacar atau mantan situ hacker atau orang yang kelihatannya ahli it banget atau orang kaya yang mampu hire hacker untuk melakukan hal-hal pribadi yang tidak penting bagi si hacker tersebut kecuali anda bayar mahal.

Kalau tidak berarti memang whatsapp anda disadap karena kelalaian anda sendiri alias kebodohan sendiri.

Kita bahas terlebih yang mungkin jadi satu-satunya cara untuk menyadap atau modus penyadapan whatsapp yang mungkin sekarang ini terjadi pada anda.

Memanfaatkan Whatsapp Web

Fitur Whatsapp Web sebenarnya diciptakan untuk anda bisa mengirim dan terima pesan secara cepat melalui komputer/pc. Fitur ini mungkin kita gunakan saat sedang bekerja di komputer dan kita membutuhkan berkirim dan terima pesan dengan cepat tanpa perlu buka tutup smartphone.

Untuk bisa menggunakan fitur Whatsapp web ini kita perlu membuka wa web dibrowser dan melalukan scan barcode yang muncul di aplikasi wa ponsel kita melalui menu atau setelan dan masuk ke Perangkat tertaut.

Ketika sudah connect dengan Whatsapp web maka kita bisa melihat seluruh riwayat chat, chat yang masuk dan berkirim pesan melalui perangkat komputer kita. 

Inilah cara receh yang sering dimanfaatkan dan sering digunakan untuk menyadap wa seseorang.

Kenapa tadi saya sebutkan kalau wa yang disadap kebanyakan dari kebodohan dan kelalaian pengguna wa itu sendiri? ya karena ini mereka juga di sadap dengan cara yang menurut saya kalau anda orang yang sedikit tahu saja maka hal ini tidak bakal mungkin terjadi.

Pertama untuk bisa koneksikan ke whatsapp web kita perlu smartphone target yang ingin kita sadap. So pasti biasanya pelaku/tersangka harus meminjam ponsel anda, membuka menu perangkat tertaut dan melalukan scan barcode. 

Dan untuk bisa melakukan penautan akun ke whatsapp web juga kita akan dimintai authentikasi smartphone dengan mengisi pin atau pindai sidik jari.

Jadi kebayangkan kalau WA anda sampai disadap dengan cara ini berarti ada orang dekat anda yang tahu pin smartphone anda dan anda meminjamkan hp anda dalam waktu lama sehingga pelaku sempat melakukan login ke wa web.

Selain itu ketika WA web dalam posisi aktif maka di smartphone juga akan muncul notifikasi bahwa wa web anda sedang aktif, nah ini kan sebenarnya dari sini saja kita sudah bisa sadar dan tahu. Jika anda tidak merasa login ke wa web kok ada notif ini berarti ada yang salah.

Solusinya untuk penyadapan melalui wa web ini pertama anda mending ganti pin smartphone anda dengan yang baru (jangan beri tahu kesiapapun), jangan meminjamkan smartphone anda apalagi sampai anda pinjamkan dan anda tinggal, terakhir anda bisa logout wa web yang terkoneksi di aplikasi whatsapp anda melalui smartphone.

Anda bisa masuk ke menu setelan (titik tiga di pojok kanan atas), masuk ke Perangkat tertaut, disana akan ada bagan Status perangkat. Anda bisa klik saja daftar web browser yang login ke wa web anda untuk mengeluarkannya.

Selain itu anda juga jangan lupa selalu logout setiap kali menggunakan Whatsapp web melalui browser komputer apalagi jika anda menggunakan komputer publik atau komputer orang lain. Karena kalau sampai kelupaan juga bisa disalahgunakan.

Untuk cara logout langsung di Whatsapp Web yang sedang anda buka, cukup klik titik tigas diatas bagian kiri (wa web) lalu pilih opsi Keluar atau Logout. Anda juga bisa logout via smartphone seperti yang saya terangkan sebelumnnya.

Untuk wa web ini yang biasa digunakan untuk menyadap tidak hanya bisa diakses melalui browser komputer tetapi juga smartphone karena ada aplikasi juga pihak ketiga untuk kita bisa akses wa web melalui smartphone lain.

Intinya anda harus berhati-hati ketika harus meminjamkan smartphone, kalau bisa pin jangan diberitahu kesiapa-siapa, tetap perhatikan notifikasi wa web yang muncul dismartphone dan selalu logout setiap kali login dan selesai menggunakan wa web, maka anda akan aman 99% dari yang namanya penyadapan.

Saya bisa katakan hampir seluruh kasus penyadapan wa yang terjadi dilingkungan kita karena wa web dan karena kebodohan penggunannya, tidak ada yang namanya hacker dan kawan-kawannya.

Apalagi kasus yang nyadap pacar, mantan, dll. Sudah dipastikan metode caranya yang receh dan memanfaatkan kebodohan anda sebagai pengguna whatsapp.

Catatan lainnya adalah untuk menjaga lebih aman dengan mengaktifkan Pesan yang sudah terbaca, kan banyak tuh anak-anak jaman now centang duanya dinonaktifkan karena alasan tertentu ini justru akan menjadi bumerang bagi anda karena ketika wa anda kena sadap anda sendiri yang akan susah tahu karena pesan anda sendiri tidak akan jadi centang 2 biru ketika dibaca.

Anda jadi tidak tahu posisi wa anda sudah anda yang baca padahal itu bukan anda. Jadi biarkan saja default settingan bawaan whatsapp ya kalau diread ya centang 2 biru menyala, gitu lebih aman.

Malware Bisa Jadi Penyebab (Kecil Kemungkinan)

Ya yang namanya smartpone bisa saja diretas dan disadap jika sudah terkena yang namanya malware atau kalau bisa disebut spyware (karena malware yang melakukan mata-mata mencuri data kita). Tapi ini sangat kecil kemungkinannya karena metode ini hanya bisa dilakukan oleh ahlinya tidak sembarang orang, kalau anda bukan siapa-siapa atau anda orang-orang yang merasa disadap wa-nya oleh pacar sudah pasti bukan pakai cara ini.

Salah satu kasus celah keamanan karena malware ini terjadi dengan codename Spyware Pegasus yang memanfaakan celah keamanan whatsapp yang mana sekarang ini sudah ditutup dan fix (jadi sudah tidak masalah). 

Sekedar untuk anda tahu saja Spyware Pegasus ini dikabarkan dibuat oleh perusahaan Israel NSO Group. Jadi tahu kan butuh sekelas perusahaan Israel yang mana merupakan negara yang salah nomor satu untuk bidang cyber security.

Pertanyaannya? siapa yang punya Spyware pegasus ini apakah teman anda? pacar anda, saya rasa tidak. Dan anda tahu siapa orang yang terkena kasus Spyware Pegasus ini? Jeff Bezoz dan Pangeran Arab Saudi Muhammaed Bin Salman, mereka sultan dan orang terkaya dunia. 

Lagi pula setiap ada celah keamanan pastikan selalu datang update keamanan dari aplikasi ataupun sistem operasi yang kita gunakan. Untuk itu kita juga harus rutin melakukan pembaruan aplikasi whatsapp dan pembaruan OS android/IOS yang kita gunakan.

Hindari juga melalukan rooting pada android ataupun jailbreak pada iOS karena akan menghilangkan batasan keamanan yang berlaku pada sistem operasi jadi lebih rawan terkena malware.

Selain itu hindari juga mendownload aplikasi third party yang anda download melalui browser buka dari Playstore atau App Store karena rawan juga disisip malware.

Selama anda update aplikasi whatsapp rutin, update os rutin, tidak download dan install aplikasi sembarangan, tidak root atau jailbreak smartphone bisa saya katakan anda aman 99,99%. 0,001 kalau anda memang pejabat atau orang penting misal R1 sangat mungkin bisa diincar dan dilakukan penyadapan oleh pihak lain.

Melalui Kode OTP

Ini sebenarnya kurang masuk ke metode atau modus penyadapan whatsapp cuman karena banyak artikel di internet (situs besar) yang menyebutkan juga jadi akan saya jelaskan dan luruskan.

Kita tahu untuk bisa masuk atau menggunakan whatsapp kita perlu menerima kode OTP yang biasanya berupa SMS dikirimkan ke nomor whatsapp kita saat ingin masuk login atau menggunakan wa pertama kalinya.

Pertama yang jelas saya rasa tidak akan ada orang yang memberikan kode OTP whatspapp kepada orang lain, kecuali bodoh ya. Karena kode ini merupakan verifikasi kalau kita pemilik nomor dan berhak login.

Lets saya kita katakan metodenya lebih canggih dimana orang tersebut sudah bisa spyware smartphone kita bisa tahu sms yang masuk sehingga bisa dapat kode OTP wa kita.

Lalu apa yang terjadi?

Berarti disini kasusnya kita dalam posisi masih masuk di whatsapp kita dengan segala chat yang tersimpan dan anda orang lain juga masuk ke whatsapp kita dengan perangkat lain. 

Ingat bahwa wa hanya bisa login ke satu aplikasi smartphone tidak bisa 1 nomor digunakan di dua aplikasi/smartphone. Jad secara otomatis wa anda logout karena ada orang lain berhasil login dan berhasil dapat kode otpnya (dengan cara canggih tadi spyware).

Maka didalam aplikasi pelakupun tidak akan ada riwayat chat atau panggilan serta kontak nomor yang tersimpan. Karena posisi diapun tidak punya backup chat (butuh email). 

Tapi kan mungkin bisa disalahgunakan ketika ada yang anda duluan dari teman anda, misal minta bantuan atau minta transfer duit.

Of course hal tersebut bisa terjadi.

Lalu bagaimana solusinya. 

Tadi seperti yang saya sebut sudah tidak mungkin terjadi menurut saya seseorang memberikan kode otp wa kepada orang lain yang mungkin menanyakan. Jadi disini aman.

Tapi yang melalui spyware sehingga bisa membaca kode otp gimana bang?

Ya tadi sebenarnya sudah saya jelaskan di point malware dan spyware diatas solusinya. Jadi masuknya ini lebih ke malware/spyware lebih kepada celah keamanan yang kecil kemungkinan terjadi dan mungkin bisa saya katakan tidak akan terjadi kalau anda tidak menginstall aplikasi sembarang (terutama yang download sendiri melalui browser atau dikasih orang), update wa secara rutin, update os secara rutin, dan tidak root/jailbreak smartphone.

Anda juga bsa meminta nomor whatsapp anda tersebut dinonaktifkan, anda bisa pelajari disitus resminya: https://faq.whatsapp.com/1007324800132703/?locale=id_ID walaupun disana kasusnya untuk smartphone yang hilang atau dicuri tapi bisa berguna juga untuk kasus wa yang logout karena ada yang login dengan mencuri kode otp ini.

Anda juga harus memperhatikan masa aktif nomor anda pastikan juga nomor whatsapp anda selalu dalam kondisi aktif, terus diisi pulsa atau paketan. Takutnya kalau sampai hangus dalam jangka waktu tertentu nomor tersebut akan diproduksi kembali dan digunakan oleh orang lain. Takutnya teman anda masih chat wa anda tapi posisi nomor wa tersebut sudah milik orang lain dan disalah gunakan seperti untuk minta transfer uang.

Kehilangan Ponsel

Ketika anda kehilangan smartphone anda entah dicuri atau tertinggal disuatu tempat dan ditemu oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab ini bisa disalah gunakan.

Pertama jika smartphone anda tidak menggunakan authentikasi keamanan seperti pin / fingerprint atau face id. Intinya smartphone gunakan tanpa kunci dan bisa digunakan secara langsung oleh orang yang menemukan smartphone anda.

Walaupun ini saya rasa jarang sekali ya, karena hampir setiap pengguna smartphone menggunakan fitur lock screen dengan keamanan authentikasi entah pin/fingerprint atau faceunlock.

Kalau smartphone anda benar tanpa kunci keamanan tentunya orang yang menemukan bisa menggunakan fitur chat wa dan menyalahgunakannya.

Tapi tenang anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mengunci smartphone melalui Find My Device untuk smartphone android atau melalui find my icloud.

Disana sebenarnya anda juga bisa melacak keberadaan smartphone anda yang hilang tapi tidak akan saya bahas disini. Pertama yang harus anda lakukan mengamankan data dan smartphone anda agar pencuri tidak bisa mengakses smartphone kita.

Anda bisa cari di google Find My Device (android) atau icloud.com (find) silakan login ke akun google atau icloud yang terikat dengan smartphone anda.

Disana pastikan dulu anda mengunci smartphone anda agar data pribadi anda aman, kalau kasusnya tadi smartphone anda tanpa kunci silakan kunci smartphone anda melalui fitur yang ada. Jadi penemu smartphone anda tidak bisa mengakses smartphone anda walaupun tanpa fitur lock password tadi sebelumnya.

Selain itu anda mungkin bisa mengurus kartu sim anda hilang juga berbarengan dengan smartphone anda yang hilang, takutnya ada kawan atau saudara atau klien lama anda yang menghubungi anda entah dengan wa atau telpon, bisa disalahgunakan.

Anda bisa datang ke grapari atau layanan customer servis kartu provider yang anda gunakan. Anda bisa meminta untuk memblokir kartu yang hilang sekarang dan meminta kartu sim baru dengan nomor lama kalian.

Takutnya nomor anda disalahgunakan nantinya jadi segera mengurus kartu sim nomor anda hilang agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Ya mungkin itu dulu pembahasan saya tentang fenomena wa yang kena sadap mantap, pacar, rekan bisnis, musuh atau apapun itu. 

Asalkan anda tahu dan tidak sembarangan dalam menggunakan smartphone maka kasus wa disadap bisa dikatakan nihil, wa disadap kembayakan penyadapnya menggunakan metode yang bisa dikatakan receh dan murahan yang memanfaatkan ketidaktahuan pengguna. Tidak ada namanya hacker-hacker. 

Semoga bermanfaat dan bisa share ke teman kalian yang wanya mungkin saat ini merasa sedang disadap. - Metodegames.com